PISPI Banten Adakan Muswil Demi Pembangunan Pertanian Daerah

Diposting pada

Serang–Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Banten mengadakan kegiatan musyawarah wilayah (muswil) untuk  pertama kalinya usai pengurus wilayah mendapatkan mandat dari pengurus pusat. Acara muswil ini bersifat hybrid dan berlangsung di Convention Hall, Gedung Rektorat, Kampus Untirta, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Kamis (10/2/2022). Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (Wakil Rektor III), Dr. H. Suherna, SP., M.Si., Ketua BPW PISPI Banten, Dr. Suherman, Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika, S.P., Pimpinan Badan Pengurus Pusat PISPI, M Fadli, Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Banten, Ir. H. Asep Mulya Hidayat, M.M. serta unsur perwakilan dari pemerintah kota dan kabupaten di Provinsi Banten.

Ketua Pelaksana kegiatan, Rizal Aziz, S.P., M.P., mengatakan, muswil perdana ini tidak lain adalah untuk melakukan percepatan pembangunan di bidang pertanian pada tiap daerah di Banten. Salah satu syaratnya adalah dengan mengumpulkan SDM bidang pertanian, meregenerasi dan meng-upgrade setiap anggota sehingga diharapkan para anggota lebih siap dalam melaksanakan tugasnya.

“Kegiatan ini bertujuan dalam rangka kita menyatukan visi-misi bahwa sarjana pertanian adalah garda terdepan untuk menyelamatkan bangsa. Saya yakin PISPI bisa bekerja dengan sungguh-sungguh, dan alumni pertanian mampu bersatu padu,” katanya saat memberikan sambutan.

Ia menambahkan, dengan adanya PISPI para alumni diharapkan bisa kembali ke ilmu dasar dan terus mengembangkannya dengan penuh sukacita.

Sementara itu, Suherman menuturkan, ada banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh PISPI Banten. Salah satu di antara pekerjaan rumah itu, menurutnya, adalah soal lahat kosong di daerah Banten yang tidak tergarap sampai saat ini.

“Saya kira sayang sekali ada banyak lahan kosong yang menganggur. Sebetulnya bisa kita manfaatkan untuk pemberdayaan pertanian untuk warga. Inilah yang dibutuhkan oleh warga. Namun, tetap keputusan ada di Gubernur (Banten-red) dan jajarannya,” tuturnya.

“Mudah-mudahan kita juga bisa membuat agrowisata yang bisa dikelola dengan baik. Pokoknya ada banyak hal yang bisa kita lakukan demi masyarakat Banten dan semoga dengan muswil ini ada The Next Generation untuk melanjutkan kepengurusan,” tambah Suherman.

Di sisi lain, Untirta sebagai salah fasilitator kegiatan merasa tersanjung dengan kedatangan PISPI Banten ini. Menurut Wakil Rektor III yang Mewakili Rektor Untirta, menyerukan untuk secara bersama-sama membangun pertanian di Banten.

“Ini merupakan agenda terpenting bagi kita, apalagi pada saat kita menempati kampus ini (Sindangsari-red), kita mendapatkan bantuan dari IsDB adalah soal ketahanan pangan. Mari bersama-sama bermitra dengan Untirta terutama dalam bidang kajian pertanian,” ungkapnya.(HI/AAP/VDF/RJ).(Foto: MA)