Untirta Rayakan Hari Pers Nasional Via Daring

Diposting pada

Serang–Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melangsungkan kegiatan diskusi dalam rangka merayakan Hari Pers Nasional (HPN) bertema ‘Peran Media dalam Menjaga Lingkungan di Era Digital’. Kegiatan ini berlangsung daring melalui Zoom Meet dengan menghadirkan Direktur Perusahaan Harian Kabar Banten, dan Rachmat Ginandjar Redaktur Bantennews.co.id, Wahyu Arya. Hadir pula dalam kegiatan ini Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan, dan Layanan Industri, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Koordinator Kerja Sama dan Humas Untirta, Veronica Dian Faradisa, S.E., M.M., insan pers dan sivitas akademika Untirta. Sebelumnya, kegiatan ini akan berlangsung secara offline dalam bentuk coffee morning. Namun, oleh karena lonjakan sebaran Covid-19 kembali meningkat akhirnya kegiatan ini dilangsungkan via daring.

Menyikapi HPN ini, Rektor Untirta turut mengapresiasi para jurnalis yang tidak lelah dalam memberikan kabar terbaik bagi masyarakat. Menurutnya, insan pers adalah gerbang vital bagi publik untuk tetap bisa memperbaharui apa-apa saja yang tengah terjadi.

“Jadi saya kira, kegiatan ini juga perlu untuk direkam dan bisa disebar sehingga dapat diketahui juga oleh publik,” katanya.

Rektor berharap, di HPN ini para jurnalis khususnya yang ada di Banten, tetap konsisten dalam menyampaikan kabar berita yang jernih dan akurat terutama dalam pemberitaan terkait dunia pendidikan.

Sementara itu, Ginandjar menuturkan, kolaborasi antara perguruan tinggi, masyarakat, dan media sangat dibutuhkan untuk saat ini dalam mempertahankan pemberitaan yang akurat.

“Meski sudah digital, tetapi peran media mainstream (koran-red) saya kira masih dibutuhkan karena perannya masih strategis. Sebab, kalau koran itu tidak bisa ‘diotak-atik’ ataupun di-hack seperti media daring pada umumnya,” tutur Ginandjar.(HI/AAP/VDF/RJ).