Wamenkes Buka Vaksinasi di Untirta

Diposting pada

SERANG, -Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono membuka kegiatan Gerakan Vaksinasi Serentak 200 ribu Sasaran se-Provinsi Banten, yang dilakukan di Auditorium Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sindangsari, Selasa (29/6).
Dalam sambutannya, Wamenkes mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten terungkap, bahwa kegiatan vaksinasi serentak ini akan dilaksanakan sebanyak 200 ribu vaksinasi.
Sebagai informasi tambahan kepada bapak dan ibu sekalian, lanjutnya, bahwa vaksinasi yang dilakukan oleh Indonesia baru menyampai 15,23 persen dari total vaksinasi sebanyak 181 juta lebih.
“Ini merupakan kerja keras kita bersama, dan sudah pasti bisa mencapai target tersebut. Karena beberapa target sebelumnya yang sudah ditetapkan berjalan sesuai rencana,” kata Dante.
Ia mengaku, sebelumnya pemerintah sudah melakukan vaksinasi sebanyak 1,3 juta suntikan dalam waktu satu hari yang dilaksanakan pada Sabtu (26/6) kemarin. Dengan ditambah kegiatan vaksinasi seperti ini, ditambah kontribusi dari beberapa daerah seperti Banten, maka target tersebut bisa tercapai.
“Saya optimis bahwa target Bapak Presiden yang menetapkan akan melakukan vaksinasi sebanyak 2 juta vaksinasi yang akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang bisa terrealisasi,” ujarnya.
Menurutnya, kegiatan vaksinasi ini penting karena kasus Covid-19 saat ini mengalami eskalasi yang tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi secara massif di seluruh wilyah Indonesia.
Di lokasi yang sama, Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT menyampaikan, kegiatan ini salah satu upaya Untirta untuk menjalankan amanat Presiden Joko Widodo, dan juga memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dalam hal ini memfasilitasi vaksinasi serentak yang dilakukan di Auditorium Kampus Sindangsari Untirta.
Menurutnya, tren kasus Covid-19 yang tinggi merupakan tanggungjawab bersama untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kepada masyarakat. Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi ini mampu menekan kasus Covid-19 di Banten.
“Tentunya butuh kerja keras bersama, bahu membahu untuk membantu pemerintah untuk menekan kasus Covid-19 di Banten,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Hj. Ati Pramudji Hastuti mengatakan, Dinkes Banten terus meningkatkan pelayanan untuk menekan kasus Covid-19 di Provinsi Banten.
Salah satu yang dilakukan, kata Ati, adalah dengan menyediakan pelayanan tes Covid-19, vaksinasi dan menambah jumlah tempat tidur di sejumlah rumah sakit di Provinsi Banten.