Mahasiswa Untirta Harumkan Nama Indonesia di Mata Dunia

Diposting pada

Serang, (08/03/2021) – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mendapatkan gold medal dalam kejuaraan inovasi dan penelitian start up yang diselenggarakan di Turki pada tanggal 27 Februari  2021 secara daring. Kejuaraan bergengsi tingkat internasional tersebut diikuti oleh 23 negara dan 731 tim. Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT sangat berbangga dengan capaian prestasi ini. “selamat, generasi emas indonesia untuk mewujudkan indonesia akan muncul dari mahasiswa Untirta yang memiliki daya inovasi dan kreatifitas seperti ini”.ucapnya. Prof. Fatah menambahkan capaian ini merupakan bukti mahasiswa Untirta dapat bersaing ditingkat internasional dan  menunjukkan dirinya mampu dan layak berkompetisi dengan negara negara yang notabene lebih maju dari Indonesia.

Mahasiswa Fakultas Teknik yang berhasil mendapatkan gold medal tersebut adalah Rizka, khoirunnisa,dan Berliana. Mereka bertiga tergabung dalam satu tim yang dipimpin oleh Rizka. Rizka sempat menceritakan awal mula mengikuti kejuaraan tersebut. “ Awalnya mendapatkan informasi tentang kejuaraan ini dari instagram, lalu kami bertiga diskusikan tentang kesiapan dan  kemungkinan kami ikut serta dalam kejuaraan tersebut dan akhirnya kami memutuskan untuk mengikuti kejuaraan penelitian dan start up ini” terang Rizka. Lebih lanjut Rizka mengatakan karya ilmiah yang ia dan tim kirim untuk dilombakan berjudul “Pro-Colation” (Propolis Collagen Hand and Body Lotion) INNOVATION OF COLLAGEN BASED LOTION PRODUCTS AS AN EFFORT TO USE HUNDREDS OF WASTE TONS OF BLACK NILE TILAPIA FISH SKIN. Karya ilmiah itu berisi tentang pemanfaatan limbah kulit ikan nila menjadi sebuah kolagen untuk meregenerasi sel kulit mati, melembutkan, melembabkan, dan anti aging yang dicampurkan dengan hand and body lotion dari bahan alami khususnya untuk meremajakan kulit tangan dan  kaki. Karya ilmiah ini juga merupakan kelanjutan dari karya ilmiah sebelumnya yang ia dan tim pernah kembangkan.

Rizkia menambahkan, dalam mengikuti kejuaraan 1 Idea 1 World Turkey Competition ada beberapa tahap yang harus dilewati. Tahap pertama  mengirimkan abstrak / ringkasan penelitian. Lanjut ke tahap kedua jika sudah mendapatkan LoA diminta mengirimkan 1 poster dan 1 ppt. Tahap ketiga mendapatkan invoice biaya pendaftaran untuk maju ke tahap presentasi dan terakhir presentasi dilaksanakan secara online oleh  dua juri dan satu moderator. “Alhamdulillah setelah presentasi kami tidak menyangka dapat menyabet gold medal”tukasnya. Ia dan Tim merasa bersyukur dapat mengharumkan nama Untirta sekaligus Indonesia di kancah internasional. Ia pun tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terutama kepada dosen pembimbing yakni Dr. Eka Sari, MT. (RDB)