UNTIRTA SAMBUT HANGAT INISIASI KERJASAMA DENGAN UNSERA DI BERBAGAI BIDANG

Diposting pada

SERANG (09/03/2020) – Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T. menyambut kunjungan Rektor Universitas Serang Raya (Unsera), Dr. H. Hamdan, MM. yang didampingi oleh Wakil Rektor 1 Unsera, Dr. H. Abdul Malik, M. S.i.; Wakil Rektor 2 Unsera, H. M. Kamil Husain, Lc., M.Si; dan Kepala Bagian Humas dan Kerjasama, Liza Diniarizky Putri, S.IP., M. Kesos., M. Ikom di Ruang Rektor Untirta. Melalui kunjungan ini, Unsera bertujuan menjalin kerja sama resmi dengan Untirta dalam berbagai bidang, mulai dari Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) hingga penyelenggaraan seminar bersama. Pertemuan yang diinisiasi oleh Unsera tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Untirta, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si; Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Untirta, Dr. H. Suherna, SP., M.Si.; Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd; Kepala Sub Bagian Humas Untirta, Veronika Dian Faradisa, S.E, M.M.; dan Kepala Sub Bagian Kerjasama Untirta, Ratih Purnamasari, S.E., M. Akt.

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T. berdialog dengan Rektor Universitas Serang Raya (Unsera), Dr. H. Hamdan, MM.

Rektor Untirta menanggapi secara positif potensi-potensi kerjasama yang diajukan oleh Unsera, sekaligus prospek di bidang lainnya, seperti riset, pengabdian masyarakat, dan pemanfaatan sumber daya. Sejumlah fasilitas Untirta, seperti laboratorium Untirta TV dan laboratorium radio, sangat memungkinkan untuk digunakan bersama. “Kami punya laboratorium TV, laboratorium radio Untirta, mungkin itu bisa sharing resources.” Ujarnya. Beliau juga terbuka pada kolaborasi untuk mendukung program Desa Wisata yang diusung Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin. “Kolaborasi ini merupakan sesuatu yang niscaya. Saya lihat Unsera juga ingin kita maju bersama-sama menjadi perguruan tinggi yang maju di Banten. Jadi prinsipnya apa yang sudah berjalan secara teknis, prinsipnya kami siap. Kami atas nama institusi akan belajar banyak juga dari teman-eman Unsera. Jadi kemungkinan kolaborasi riset dan pengabdian masyarakat.” Tutur Rektor Untirta.

Wakil Rektor 1 Unsera, Dr. H. Abdul Malik, M. S.i. menyatakan harapannya agar kerjasama dapat terjalin tak hanya antara Untirta dengan Unsera, tetapi juga antara perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya di Provinsi Banten sebagai wujud sumbangsih perguruan tinggi terhadap pembangunan Provinsi Banten. “Saya rasa harus ada andil perguruan tinggi. Sumbangsih perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta terhadap pembangunan Provinsi Banten, sehingga semua memiliki kesempatan yang sama untuk bersuara supaya didengar. Ternyata potensi Banten untuk maju itu besar.” Jelasnya.

 

Salah satu sumbangsih tersebut dapat direalisasikan dalam bentuk seminar bersama terkait pembangunan Provinsi Banten. Wakil Rektor 4 Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd. menegaskan bahwa untuk merealisasikan seminar bersama, diperlukan perencanaan yang matang sehingga program tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Menyoal harapan bekerja sama dengan pemerintah daerah, beliau mengimbau perguruan tinggi di Provinsi Banten untuk merancang dan menciptakan profil yang memuat potensi perguruan tinggi sehingga pemerintah dapat mengetahui kekuatan tiap-tiap perguruan tinggi. Hal inilah yang akan menjadi pertimbangan pemerintah daerah untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi di Provinsi Banten.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Untirta, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si; Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Untirta, Dr. H. Suherna, SP., M.Si.; dan Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd

 

Wakil Rektor 3 Untirta, Dr. H. Suherna, SP., M.Si. menyatakan bahwa perguruan tinggi sebaiknya menggali potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh perguruan tinggi negeri dan swasta serta memetakan peran-peran yang dapat diambil untuk mendukung program Gubernur dalam mewujudkan Kota Serang sebagai Metropolitan Area. “Bagaimana menggali potensi SDM, semua akademisi, para doktor, para ahli? Bagaimana membangun Banten? Bagaimana peran perguruan tinggi terhadap keinginan gubernur ini?” ujarnya.

Potensi-potensi kerjasama lain yang dapat dijalin akan didiskusikan lebih lanjut secara mendalam melalui pertemuan-pertemuan berikutnya. “Tentu kami akan meminta kepada Unsera, kegiatan-kegiatan yang bisa kita kerjasamakan.” Ujar Wakil Rektor 4 Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd. Sementara itu, Kepala Sub Bagian Kerjasama Untirta dipersilakan untuk mulai berkoordinasi dengan Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Unsera dalam menyusun dan mempersiapkan draft Nota Kesepahaman/ Memorandum of Understanding untuk mengakomodir maksud dan tujuan kedua belah pihak. (Sekar – Humas)

Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd
Wakil Rektor 1 Unsera, Dr. H. Abdul Malik, M. S.i. dan Wakil Rektor 2 Unsera, H. M. Kamil Husain, Lc., M.Si.