Bidang Kerjasama Untirta adakan Sosialisasi Kerjasama dan Sikerma Bagi Operator

Diposting pada

Serang – Kegiatan Sosialisasi Kerjasama dan Sistem Informasi Kerjasama (Sikerma) pada hari Selasa (30/01) di Ruang Multimedia Gd. Rektorat Lt. 1. Agenda tersebut merupakan acara penutup dari rangkaian roadshow Sosialisasi Mekanisme Kerjasama dan Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 yang selesai dilaksanakan pada pekan lalu. Hadir dalam kesempatan tersebut Prof. Dr. Alfirano, ST., MT., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Tubagus Bahtera Rohimudin, SE., M.Si selaku Kabiro BAKK Untirta, Ratih Purnamasari, SE., M. Akt  selaku Ketua Pokja Kerjasama beserta staf kerjasama, Para Kabag Untirta dan para Operator Sikerma di lingkungan Untirta.

Dalam sambutannya Kabiro BAKK menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dari kerjasama kedepan yang akan dilaksanakan oleh Untirta. “Kerjasama yang akan dilaksanakan nantinya tidak hanya mempengaruhi penilaian IKU 6 tetapi juga berpengaruh kepada penilaian IKU IKU lainnya” ucap beliau. Menurutnya kerjasama adalah gerbang pembuka untuk IKU lainnya di Untirta seperti Magang MBKM, Praktisi Mengajar dll. Beliau berharap semua jajaran Fakultas dan unit di Untirta bisa memahami mekanisme pelaporan dan dokumentasi kerjasama.

Prof. Dr. Alfirano, ST., MT., Ph.D. turut memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa meningkatkan kerjasama lokal, nasional dan internasional adalah program kerja yang sudah lama dicanangkan oleh Rektor Untirta. Kerjasama tersebut bertujuan untuk menunjang kinerja universitas dalam mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kerjasama dapat mendukung pendidikan melalui berbagai kegiatan seperti mengundang dosen tamu, menyelenggarakan seminar nasional dan internasional, melakukan penelitian bersama, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, dan sebagainya. Beberapa kerjasama juga bisa meningkatkan income generating universitas” ucap beliau. Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari peran penting operator Sikerma yang bertugas mengunggah semua laporan kerjasama. “Dengan adanya aplikasi ini, jalur dokumentasi kerjasama, baik yang masih berlaku maupun yang sudah kadaluarsa, dapat dimudahkan” ucapnya. Beliau berharap para operator Sikerma selalu melakukan pengecekan secara berkala di program studi dan fakultas masing-masing untuk memastikan tidak ada kerjasama yang belum terdokumentasikan dengan benar.

Ketua Pokja Kerjasama juga mengingatkan kepada para operator kerjasama untuk selalu melakukan pengecekan apakah dokumen kerjasama yang di unggah sudah sesuai dengan format dokumen kerjasama yang diberikan oleh bidang kerjasama Untirta dan juga membantu mengingatkan kepada prodi dan fakultas untuk selalu melaporkan semua kerjasama yang dilakukan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi seputar aplikasi Sikerma yang dinarasumberi oleh , Ratih Purnamasari, SE., M. Akt  selaku Ketua Pokja Kerjasama, Zakky Bunyanum Marsus, M.Pd. staf kerjasama Untirta dan Muhammad Sidik, S.Kom dari Pusat Data dan Informasi (PusdaInfo) Untirta. (PPVA/AAP)