Antusiasme FH Untirta Sambut Roadshow Sikerma Untuk Tingkatkan IKU 6

Diposting pada

PRES RELEASE

Nomor: 33/UN43.8/HM.00.06/2024

Serang – Menyelenggarakan roadshow h+3 dalam rangka sosialisasi khusus yang akan dilaksanakan selama satu pekan kedepan terkait teknis mekanisme kerja sama oleh Kelompok Kerja (Pokja) kerja sama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Tujuan kegiatan antara lain memberikan wawasan teknis mengenai prosedur kerja sama sekaligus menjelaskan dampak positifnya terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 6, sesuai dengan landasan hukum Permendikbud no.14 tahun 2014 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi. Acara sosialisasi roadshow hari ke-3 dilaksanakan disesi-1 pagi hari di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) kampus Untirta Ciwaru di Aula gedung A lt.2 dihadiri oleh Dekan Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Penguatan Kemitraan Dr. Abdul Fatah, S.Pd., M.Pd. dan 23 Ketua Prodi.

Kemudian sesi ke-2 siang harinya dihari yang sama Rabu tanggal 24/1/2024 di Aula Rapat Senat Lt.2 gedung Fakultas Hukum (FH) kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Sindangsari Kab. Serang.

Acara Sosialisasi di Fakultas Hukum di hadiri Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Prof. Dr. Alfirano, ST., MT., Ph.D., Dekan Fakultas Hukum Ferry Fathurokhman, S.H., M.H., Ph.D. para Wakil Dekan Fakultas Hukum, Ketua Pokja Kerja Sama Untirta Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt., para Kepala Jurusan, Wakil Dekan III Fakultas Hukum: Lia Riesta Dewi,SH.MH. Kepala Bagian Fakultas Hukum Lia Yulia., S.Sos.,M.Ikom.dan Tim.

Menurut Ferry, kegiatan ini merupakan dalam rangka persiapan Fakultas Hukum untuk menyikapi akreditasi FIBAA dalam waktu dekat. “Sebagai gambaran kami optimis dari awal perlu saya sampaikan bukan karena ingin jumawa karena potensinya juga ada, Fakultas Hukum bisa leading di internasional. Ketika saya studi banding keluar, material mereka berlimpah, supporting financial juga ada, jadi kita juga kalau disupport demikian saya yakin bisa karena sudah ada SDM juga yang mumpuni dalam Bahasa Inggris,” ujarnya.

Prof. Alfirano mengatakan, sesuai rapat dengan Wakil Dekan 3 terkait dengan kerja sama pada tingkat prodi merasa perlu mendatangi tiap fakultas sehingga lebih intens dan lebih efektif.

“Terkait kerja sama itu tentu saja kita ada keterbatasan dari semua aspek itulah sebabnya butuh kerja sama yang bertujuan untuk menunjang aktivitas kerja sama. Kemudian juga ketika kerja sama kita bisa meningkatkan kinerja di Fakultas dan prodi yang kaitannya tentang kebutuhan kita tentang akreditasi,” imbuhnya.

Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt., sebagai narasumber menjelaskan bahwa pentingnya sosialisasi terkait mekanisme kerja sama yang benar dan baik di lingkungan Untirta “Ketika jurusan atau fakultas melakukan kerjasama baik dengan instansi atau perusahaan wajib bagi untirta untuk membuat laporan ke Kementerian pusat. Hal ini menjadi dasar pembuatan laporan kerjasama yang rutin dilaporkan setiap tahunnya. Selama dua tahun ini kami lebih fokus ke Memorandum of Agreement (MoA) atau Perjanjian Kerjasama (PKs) serta Implementation Arrangement (IA) karena biasanya yang ditanyakan saat Akreditasi lebih ditekankan ke PKs dan IA” ucapnya. Terhitung sejak tahun 2021 Untirta mencapai peningkatan hingga 100 persen dalam jumlah kerjasama. “Kami optimis angka ini akan terus bertambah karena beberapa PKs masih banyak yang belum selesai diunggah oleh pihak jurusan dan fakultas” tambahnya. PKs tersebut harus di unggah oleh pihak fakultas melalui laman Sistem Informasi Kerjasama (Sikerma) Untirta. Capaian IKU 6 akan dinilai oleh Kemdikbudristek dari Laporankerma sebagai tindak lanjut dari Sikerma. Alhamdulillah Sebagai Informasi tambahan, Untirta berhasil meraih penghargaan Silver Winner pada Anugrah Kerjasama Diktiristek sub kategori kerjasama dengan Industri Terbaik pada bulan Desember tahun 2023.

Untuk hari berikutnya Roadshow sosialisasi kerja sama akan berlanjut ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Pascasarjana Untirta.(TMA/AAP)