Tiga Prodi FKIP USK dan UNTIRTA teken Implementation Agreement

Diposting pada

Serang, Program Studi S1 & S2 Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi S3 Pendidikan FKIP USK dan UNTIRTA menandatangani Implementation Agreement. Ketiga prodi ini menjanjikan untuk terus meningkatkan kolaborasi dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Penandatanganan kerjasama ini diadakan bersamaan dengan acara Bedah Kurikulum Perkumpulan Program Studi Doktor Pendidikan di Ruang Multimedia Gedung Rektorat Kampus Sindangsari, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Rabu, 6/12 2023).
Kegiatan acara Bedah Kurikulum PPSDP dibuka langsung oleh Rektor UNTIRTA, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., M.T dan juga dihadiri oleh para wakil rektor, direktur pascasarjana, dan Dekan baru FKIP UNTIRTA.
Dalam perjanjian kerjasama ini secara umum ketiga prodi sepakat untuk aktif melakukan pertukaran pengetahuan dan pengalaman bersama antara dosen dan mahasiswa, baik dalam bentuk seminar, lokakarya, maupun diskusi ilmiah. Selain dari itu, ketiga prodi ini sepakat untuk melakukan penelitian dan pengembangan proyek-proyek ilmiah bersama yang berfokus pada pendidikan, pengajaran Bahasa Inggris serta mendorong kolaborasi dalam pengajuan proposal penelitian.
Prof. Dr. Asnawi Muslem, Koordinator Prodi S3 Pendidikan FKIP USK mengatakan bahwa Implementasi IA ini diperlukan untuk peningkatan kualitas Prodi S3 Pendidikan.
“Implementasi kerjasama ini sangat penting bagi prodi S3 dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Apalagi prodi S3 ini baru berjalan satu semester. Tentunya best practice yang telah dilakukan oleh prodi lain yang sejenis dapat juga diterapkan di prodi kita ini”, ucap Asnawi
Hingga saat ini prodi ini telah menandatangani dua IA yaitu dengan S3 Pendidikan Universitas Riau dan S3 Pendidikan Universitas Tirtayasa.
Hal senada disampaikan oleh Dr. Iskandar Abdul Samad, Koordinator Prodi MPBEN FKIP USK bahwa prodi MPBEN sangat antusias melaksanakan butir-butir kesepakatan yang telah ditandatangani di atas dokumen IA.
“Kami sangat antusias melaksanakan butir-butir kesepakatan yang telah disepakati dengan Prodi S2 Bahasa Inggris UNTIRTA. Dosen dan mahasiswa prodi MPBEN siap mengimplementasi kerjasama dalam waktu dekat dalam melakukan penelitian, menguji dan membimbing thesis mahasiswa”, tutur Iskandar.
Sementara itu, Prof. John Pahamzah, koordinator Prodi S2 Bahasa Inggris UNTIRTA menyambut baik inisiasi kerjasama ini dan berharap IA dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak.
“Kami menyambut baik atas terjalinnya kerjasama ini dan berharap IA ini dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak dalam membuka peluang kepada dosen dan mahasiswa dapat bidang penelitian, ujian dan pembimbingan thesis”, ucap Prof. John
Di sisi lain, Rahman Hakim, M.Pd. Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNTIRTA mengharapkan IA ini memberi kontribusi positif kepada setiap prodi.
“Dengan ditandatanganinya kesepakatan ini, diharapkan akan tercipta sinergi yang kuat antara dua Prodi terkemuka dalam bidang Pengajaran Bahasa Inggris dalam upaya memberikan kontribusi positif dalam perkembangan pembelajaran Bahasa Inggris”, tutup Rahman.
Penandatanganan Implementation Agreement ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua, Wakil Direktur Paskasarjana, Dekan, Ketua Jurusan Pend. Bahasa Inggris, koord prodi S2 FKIP USK dan UNTIRTA, dosen, dan perwakilan mahasiswa S3 yang terlibat. Acara ini juga dihadiri oleh para koordinator Prodi S3 Pendidikan dari berbagai kampus di Indonesia.