DWP Untirta Hadiri Webminar Nasional dengan tema “Teknik Pengasuhan Dalam Menghadapi Kekerasan Seksual Di Lingkungan Perguruan Tinggi”.

Diposting pada

Jakarta, 5 Desember 2023 – Dalam rangka memperingati Hari Ibu Tahun 2023 dan HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan, telah berhasil dilaksanakan Webminar Nasional dengan tema “Teknik Pengasuhan Dalam Menghadapi Kekerasan Seksual Di Lingkungan Perguruan Tinggi”. Kegiatan ini berlangsung di Graha Utama Lantai 3 Gedung A Kemdikbudristek Jakarta dan dihadiri oleh berbagai instansi Dharma Wanita Persatuan, dengan peserta utama berasal dari DWP UNJ, DWP UI, DWP UPNJ, DWP UNSIKA, DWP UNTIRTA, DWP IPB, dan DWP UT.
Ibu Ketua Dharma Wanita Untirta, Ny. Dra. Hj. Omah Rohmawati, serta anggota Dharma Wanita Persatuan Untirta dan Satgas PPKS Untirta turut hadir secara langsung dalam acara ini. Pembukaan acara dilakukan oleh Ny. Franka Makarim, Ketua Umum DWP Pusat, yang kemudian diikuti dengan pemaparan materi oleh Ibu Elly Risman, Psi, mengenai “Teknik Pengasuhan Dalam Menghadapi Kekerasan Seksual Di Lingkungan Perguruan Tinggi”.
Kegiatan ini menjadi sarana pembuka pemikiran baru terkait akar permasalahan kekerasan seksual, yang seringkali menjadi persoalan kompleks. Materi yang disampaikan oleh Ibu Elly Risman lebih menekankan pada aspek parenting dan peran orang tua dalam mengasuh anak.
Kiki Rizki Islamiah, petugas PPKS Untirta Divisi Penanganan, menyampaikan kesannya setelah mengikuti kegiatan ini, “Kesan setelah mengikuti acara bersama DWP, membuka pemikiran baru mengenai akar permasalahan kenapa akhirnya kekerasan seksual selalu menjadi persoalan gunung es. Karena memang ini lebih ke acara peringatan Hari Ibu dan HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan. Maka materi yang dibawakan oleh Bunda Elly lebih mengupas tentang parenting, pembagian terkait peran orang tua dalam mengasuh anak. Semoga, DWP UNTIRTA bisa selalu berkolaborasi dengan SATGAS PPKS UNTIRTA dalam hal sosialisasi pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus jawara. Acaranya keren!”tuturnya

Ketua DWP Untirta Ny. Dra. Hj. Omah Rohmawati juga mengatakan kegiatan ini sangat bagus “kegiatan ini sangat bagus materi dari ibu ely sangat menambah wawasan sehingga kita dapat mengetahui hal apa saja yang bisa mencegah kekerasan di dalam keluarga, seperti penting nya perhatian seorang ayah terhadap anak nya .” tutur Ny. Omah
Semoga hasil dari kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan memperkuat peran strategis perempuan dalam pembangunan berkelanjutan, terutama dalam menjaga lingkungan perguruan tinggi yang aman dan mendukung.