Perkumpulan Program Doktor Pendidikan (PPSDP) Untirta Gelar Rapat Akhir Tahun

Diposting pada

Serang- Selasa, 6 Desember 2023, telah dilaksanakan Rapat Akhir Tahun Perkumpulan Program Studi Doktor Pendidikan (PPSDP) “Reformulasi Kurikulum Program Studi” dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara USK dengan Dekan FKIP Untirta dan USK dengan Direktur Pascasarjana Untirta. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Multimedia lt.1 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa kampus Sindangsari.
Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, Dr. Rusmana, Ir., MP (Wakil Rektor Bidang Akademik), Prof. Dr. -Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPU (Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum), Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni), Direktur Pascasarjana Untirta Prof. Dr. H. Aan Asphianto, S.Si., S.H., M.H., beserta jajaran, dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Fadlullah, S.Ag. M.Si.
Acara ini melibatkan Ketua dan Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan dari berbagai universitas di Indonesia. Peserta yang turut hadir yaitu UNS, UNY, UNDIKSHA,UNM, UNJA, UNIB, UNTIRTA, UNG, UNILA, UNRI, UM Surakarta, UM Makassar, USK dan UNP .
Acara dimulai dengan sambutan dari Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd., yang menyapa para peserta yang hadi dan berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.
Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Aan Asphianto, S.Si., S.H., M.H., menyampaikan bahwa rapat ini akan disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristekdikti) Nomor 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT., mengapresiasi inisiatif kolaborasi pengelola program studi Doktor Pendidikan se-Indonesia. Dalam sambutannya, Prof. Fatah Sulaiman menyatakan bahwa kolaborasi ini positif dalam merespons dinamika kebijakan pendidikan nasional, terutama Permendikbudristek RI No. 53 tahun 2023. Ia berharap hal ini akan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.
“Saya kira ini sangat positif mencermati, merespon dinamika kebijakan pendidikan secara nasional. Semoga ini akan menjadikan kualitas pendidikan tinggi kita semakin lebih baik,” ujar Prof. Fatah Sulaiman.
Prof. Fatah Sulaiman juga menambahkan bahwa kolaborasi ini sejalan dengan niat baik pemerintah untuk memberikan daya adaptasi dan fleksibilitas dalam penyampaian kurikulum tanpa mengorbankan kualitas. Beliau mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan selamat datang di kampus Untirta kepada seluruh peserta.

Dilanjutkan dengan Penandatanganan Kerjasama (PKS) dalam bidang Penunjang tri Dharma perguruan tinggi seperti pendidikan, penelitian, dan pengembangan keilmuan yang melibatkan Universitas Syiah Kuala, Dekan FKIP Untirta Dr. Fadlullah, S.Ag. M.Si, serta Direktur Pascasarjana Untirta Prof. Dr. H. Aan Asphianto, S.Si., S.H., M.H.
Acara ditutup dengan harapan bahwa kerjasama ini akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia, sekaligus memperkuat sinergi antara berbagai perguruan tinggi di tanah air.

(RMU/AAP /VDF)