Mahasiswa Prodi Kedokteran Untirta Ikuti Progress Test Nasional yang Diselenggarakan AIPKI Pusat Bersama Kemendikbudristek

Diposting pada

Kegiatan Progress Test Nasional diselenggarakan oleh Asosiasi Ilmu Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) bersama Kemendikbudristek dilaksanakan pada  Sabtu, 11 November 2023 dan terbagi atas dua sesi. Sesi pagi dimulai pukul 08.00 sampai 11.20, sedangkan sesi siang dimulai pada 13.00 hingga 16.20 WIB.

Kegiatan dilaksanakan di laboratorium komputer kampus Untirta Sindangsari, Kabupaten Serang. Menurut dr. Erni Trisnasari, M.Pd., selaku ketua Program Studi Pendidikan Dokter Untirta, Ujian tersebut dilaksanakan secara bersama oleh 68 institusi Fakultas Kedokteran seluruh Indonesia yang tergabung di AIPKI pusat.

Mahasiswa Untirta yang ikut serta dalam ujian ini merupakan mahasiswa dari 5 angkatan dengan total 221 orang.
Ketua Program Pendidikan Profesi Kedokteran, dr. I Made Arya Subadiyasa. SpOG K.Obgynsos., menyebutkan Progress Test sendiri bertujuan untuk memantau dan mengukur perkembangan kemampuan penalaran klinis mahasiswa dari tahun ke tahun selama menjalani proses Pendidikan Kedokteran. Tes tersebut merupakan tes tertulis yang terdiri dari 200 soal. Dr. Ir. Rusmana, MP, selaku Wakil Rektor I Untirta berharap agar hasil dari Progress Test tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menguji dan merefleksikan kemampuan masing-masing. Sedangkan bagi dosen dan institusi, diharapkah dapat menjadi sebuah masukan untuk menjaga serta meningkatkan mutu proses pembelajaran dan pengajaran ke depannya.(FK/Humas)