Sukses Gelar Even Nasional NUDC dan KDMI, Untirta Dinilai Semakin Pesat Berkembang

Diposting pada

SERANG-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dipercaya kembali untuk melaksanakan even bertaraf nasional. Usai sukses gelar kontes debat NUDC, kali ini, Untirta kembali menggelar Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang dibuka pada Selasa, 12 September 2023 dan akan berakhir pada 18 September 2023.

Hadir dalam pembukaan kegiatan Kepala BPTI Asep Sukmayadi, S.I.P., M.Si., dan jajaran, Plt. Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Ir. Hendarman. M.Sc. Ph.D., Rektor Untirta Prof. Dr. Ir H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Pj. Gubernur Banten (diwakili), para Buapti dan Wali Kota di Banten (diwakili), Ketua Pelaksana Kegiatan Dr. H. Suherna, S.P., M.Si., dan tim serta para peserta kegiatan KDMI tahun 2023.

Dr. Suherna dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh 113 Universitas yang berasal dari tujuh wilayah dan 16 LLDIKTI. Sementara dalam tahap persiapan ia mengungkapkan terlaksananya kegiatan ini berlangsung sejak Juli 2023 dengan melibatkan mitra BNI, BJB, Bank Mandiri dan Indomaret, dengan bantuan dari BPTI dan Puspresnas dan ditopang oleh 221 panitia dari Untirta yang berasal dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

“Terima kasih kepada BPTI dan Puspresnas, kepada Pak Rektor, para mitra dan panitia semuanya atas dukungannya dalam menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya.

“Panitia berkomitmen menyiarkan kegiatan ini melalui seluruh kanal media sosial utamanya YouTube sehingga anda semua bisa menyaksikan di mana pun berada. Kami juga sudah Menyusun rundown dan moda transportasi dan akomodasi lainnya guna lancarnya acara,” tambah Dr. Suherna.

Sementara Hendarman menilai, Untirta dari waktu ke waktu ada perubahanya yang terjadi dengan kampus ini. Indikasi itu terjadi Ketika Untirta sukses menggelar NUDC dan kini melaksanakan KDMI. “Dari waktu ke waktu saya melihat perubahan besar di kampus ini. Terima kasih Untirta,” ujarnya.

“Kemudian pada kegiatan ini mahasiswa (dituntut) berpikir jernih yang nanti bisa memberikan peran serta kepada masyarakat. Harus mengembangkan minat bakat dan keahlian yang semuanya berujung pada iman dan takwa, berakhlak mulia, kompeten dan berbudaya,” tuturnya.

Prof. Fatah mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan memberikan semangat kepada para peserta. Ia mengatakan bahwa KDMI akan menjadi ajang mahasiswa dalam menempuh masa depannya kelak.

“Kalian adalah talenta hebat yang sudah melalui proses seleksi yang sangat ketat. Dalam kompetisi ini Anda akan diuji argumen yang berdasarkan knowledge dan scientific based yang konstruktif. Selamat berkompetisi,” kata Prof. Fatah. (TMA/HI/AAP/VDF)