KDMI, Ajang Pendukung KTT ASEAN yang Ingin Wujudkan Indonesia Jadi Bahasa Internsional

Diposting pada

SERANG- Pada ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang dibuka dan dilaksanakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada Selasa, 12 September 2023, di Auditorium Kampus Untirta, Sindangsari Kabupaten Serang, Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., turut meresmikan dan memberikan motivasi kepada para peserta.

Satu hal yang menjadi perhatian Prof. Fatah yakni bagaimana Bahasa Indonesia diupayakan akan menjadi bahasa internasional. “Semoga Anda menjadi calon diplomat yang andal. Kemarin saya sempat mendengar di KTT ASEAN ada apresiasi dari Perdana Menteri Malaysia bahkan dari semua (delegasi-red) bahwa Bahasa Indonesia akan dijadikan bahasa internasional,” ucapnya yakin.

“Nanti insya Allah di bulan November akan diketuk palu (diputuskan-red) di PBB. Kita doakan,” ujarnya.

Atas dasar tersebut, ia menginginkan para peserta semakin giat dalam berkompetisi dan mengembangkan kapasitasnya tiap waktu. Untuk urusan siapa yang akan menjadi pemenang dalam kegiatan ini menurutnya bukanlah menjadi akhir dari perjuangannya dalam mengasah kemampuan dirinya.

“Harus siap-siap untuk menjadi duta nanti di PBB dengan terus meningkatkan literasi, knowledge yang berbasis data, scientific based dan argumentasi yang konstruktif dan berpikir kritis terhadap sebuah permasalahan,” imbuhnya.(TMA/HI/AAP/VDF)