Untirta Upayakan Pelaksanaan SMMPTN Barat 2023 Bersih dari Kecurangan

Diposting pada

SERANG – Memasuki hari ketiga pelaksanaan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat Tahun 2023, sebanyak 571 dari 600 peserta yang terdaftar hadir untuk mengikuti ujian di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sindangsari dan Pakupatan pada Rabu (5/7).

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta, Dr. H. Akhmadi, SE., M.M yang melakukan monitoring dan evaluasi di lokasi ujian mengungkapkan bahwa tiap-tiap ruangan ujian diawasi oleh dua orang pengawas untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kecurangan selama ujian.

“Pengawas berada di depan dan belakang ruangan untuk menimalisir kondisi yang tidak aman bagi peserta dan tindak kecurangan,” ujarnya. Dirinya menyadari bahwa antisipasi ini tidak serta-merta menghilangkan seluruh peluang kecurangan, tetapi merupakan langkah yang baik untuk memastikan proses seleksi berjalan tertib dan bersih.

Sebelum memasuki ruangan ujian, panitia SMMPTN Barat pun senantiasa melakukan pemeriksaan tubuh peserta menggunakan alat metal detector, serta memastikan seluruh aksesoris dan barang bawaan peserta tersimpan di dalam tas. (SAC/ AAP/ VDF)