Animo Masyarakat Meningkat, Pascasarjana Untirta Lakukan Seleksi Ujian Masuk Mandiri PMB

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 89/ UN43.8/HM.00.06 /2023

 Serang — Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan Ujian Masuk Mandiri dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang I Program Pascasarjana Untirta tahun 2023 yang terdiri dari Program Magister dan Doktor bertempat di Laboratorium Multimedia Gedung C Pascasarjana dan Laboratorium Multimedia Gedung Pusdainfo pada Sabtu, 8 April 2023.

Pascasarjana Untirta membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 dengan total 19 Program Studi (Prodi), diantaranya 16 prodi di Program Magister dan 3 prodi di Program Doktor. Terhitung pada gelombang pertama ini, ada 184 pendaftar dan melaksanakan ujian yang tersebar ke 19 prodi tersebut.

Dalam pelaksanaan teknisnya, ujian masuk ini terbagi menjadi 2 sesi tes berbasis komputer kemudian dilanjutkan dengan tahapan wawancara.

“(Tahapan) wawancara ini untuk mengukur kesiapan secara mental, motivasi, performa, kemudian apa rencana penelitian yang akan dia (calon mahasiswa baru -red) susun ketika memilih prodinya. Maka kita (Untirta) tanyakan (pada) wawancara, apa rencana kedepan ketika dia menjadi mahasiswa pascasarjana,” ucap Aedy Nurachman ,S.E., M.M, sebagai salah satu panitia pelaksana ujian.

Direktur Pascasarjana, Dr. H. Aan Asphianto, S.Si., S.H., M.H., mengungkap penerimaan mahasiswa baru kali ini mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat.

“(Berdasarkan animo) itu melihat perkembangan yang pesat di Untirta ini, dimana sekarang Untirta juga sudah Berprestasi Unggul sehingga dengan penyelarasan prodi-prodi yang ada di Untirta antara fakultas dengan doktoral sekarang lebih baik lagi dalam penyelenggaraan perkuliahan. Tidak seperti tahun-tahun kemarin yang masih ditangani oleh Pascasarjana,” pungkasnya.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., dalam rangka Monitoring dan Evaluasinya bersama Wakil Rektor Bidang I Untirta merespon bahwa antusias peserta setelah tes terlihat penuh motivasi dan optimisme bisa menyelesaikan studi lanjutnya. “Harapannya semua calon peserta tes ini sesuai dengan target Standard Minimal Requirement bisa diberikan akses untuk melanjutkan Pascasarjana di Untirta. Saya rasa dengan adanya perguruan tinggi lain yang mendaftar Pascasarjana di Untirta bisa menambah kepercayaan yang bagus untuk menjadi alumni Untirta,” tanggap Prof. Fatah.

Adapun penetapan peserta yang lolos seleksi gelombang 1 ini akan diumumkan pada tanggal 10 April 2023. Kemudian pembukaan gelombang 2 penerimaan mahasiswa baru pascasarjana nanti akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. (DAN/DDZ/AAP/VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737