Luluskan 727 Mahasiswa, Rektor Untirta Harapkan Wisudawan Miliki Karakter Ini

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 47/ UN43.8/HM.00.06 /2023

 SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) meluluskan sebanyak 727 mahasiswa yang terdiri dari 53 mahasiswa pascasarjana, 82 mahasiswa sarjana hukum, 220 mahasiswa sarjana keguruan dan ilmu pendidikan, 88 mahasiswa sarjana teknik, 52 mahasiswa sarjana pertanian, 97 mahasiswa sarjana ekonomi dan bisnis, 48 mahasiswa ilmu sosial dan ilmu politik, dan 87 mahasiswa diploma keperawatan pada Sabtu (25/2/2023) di Gedung Auditorium, Kampus Untirta Sindangsari.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST, MT menuturkan bahwa saat ini perguruan tinggi ditantang untuk mempersiapkan lulusan yang melek digitalisasi dan teknologi, kreatif dan inovatif, memiliki soft skills, mempunyai kemampuan komunikasi multikultural dan multibahasa, serta kompeten dalam berwirausaha, sehingga mampu menciptakan peluang usaha dan mengelola bisnis dengan baik.

“Lulusan perguruan tinggi harus mampu berpikir out-of-the-box dan dapat mengembangkan solusi yang kreatif dalam menyelesaikan masalah di era disrupsi digital,” ungkapnya. “Kemampuan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, dan adaptasi terhadap perubahan harus dimiliki setiap lulusan,” lanjutnya.

Tak hanya itu, rektor berharap lulusan Untirta memiliki karakter dan kesiapan mental dalam menghadapi kompetisi global, yakni kepercayaan diri, kemampuan adaptasi, kemampuan belajar mandiri, kepemimpinan, serta etika dan nilai-nilai moral yang baik.

“Lulusan Untirta JAWARA harus punya kemampuan untuk terus meng-upgrade kompetensi untuk mengembangkan diri. Harus mampu mencari informasi yang dibutuhkan, memanfaatkan sumber daya yang tersedia dalam rangka mengembangkan pengetahuan, dan lulusan Untirta JAWARA harus memiliki kemampuan leadership, yakni siap dipimpin dan memimpin,” tegasnya.

Sekalipun dituntut pandai beradaptasi pada situasi yang cepat berubah, rektor menekankan bahwa mahasiswa harus tetap mampu memegang teguh nilai-nilai moral yang diyakininya. “Mereka harus mampu mempertahankan integritas, menjaga kejujuran, dan menghargai keberagaman,” tutur Rektor.

Untirta turut memberikan penghargaan kepada sembilan wisudawan terbaik, yakni (1) Danu Umbara, Pascasarjana Hukum dengan IPK 4.00, (2) Rahmawati, Fakultas Hukum dengan IPK 3.92, (3) Ririn Handayani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan IPK 3.87, (4) Nindya Jullanar Salman, Fakultas Teknik dengan IPK 3.88 yang juga menjadi wisudawan termuda, (5) Wahyudin, Fakultas Pertanian dengan IPK 3.86, (6) Maharanny Dwi Julianti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3.86, (7) Ica Nurkholisa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3.88, (8) Amalia Putri Pradipta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3.78, dan (9) Rini Sri Ayuni, Fakultas Kedokteran dengan IPK 3.71.

Rahmawati, wisudawati terbaik dari Fakultas Hukum menuturkan bahwa lulusan Untirta perlu memiliki kecakapan dalam berbagai hal, terutama pada jurusan yang dipilih dan diselesaikannya. Ia pun meyakinkan para wisudawan dan wisudawati Untirta untuk tidak takut keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal baru.

“Kita tidak pernah tahu sejauh apa kita melangkah apabila kita tidak mencobanya. Hal ini sejalan dengan apa yang selalu ayah saya katakan, ‘Jangan pernah berkata saya tidak bisa’ karena ketika kita mengatakan tidak bisa, sama saja kita membatasi diri untuk mencapai cita-cita yang kita inginkan. Kita sudah selangkah lebih maju untuk mencapai cita-cita kita karena sekarang kita adalah seorang sarjana,” ujar Rahmawati.

Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Gelombang I Tahun 2023 yang diselenggarakan secara tatap muka dan disiarkan secara langsung melalui YouTube Untirta ini turut dihadiri oleh Ketua Senat H.E.R. Taufik, Ph.D., para anggota senat, para wakil rektor, para dekan, para wakil dekan, Kepala BAKP, Kepala BUKK, koorpus, koordinator, subkoordinator, dan staff di lingkungan Untirta. Wisuda ini juga dimeriahkan oleh Paduan Suara Untirta dan penampilan musik angklung Dharma Wanita Persatuan Untirta. (SAC/ HI/ AAP/ VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737