BKS-PTN Barat Bidang Ilmu Kedokteran Gelar Rapat Kerja Kepengurusan di Untirta

Diposting pada

Serang-Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Wilayah Indonesia Bagian Barat (BKS-PTN Barat) Bidang Ilmu Kedokteran menyelenggarakan Seminar Nasional, Focus Group Discussion (FGD) dan Rapat Kerja Kepengurusan. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Multimedia, Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sindangsari, Kabupaten Serang, yang dimulai pada hari Jumat sampai dengan Sabtu (4-5/11/2022).

Menurut Ketua BKS-PTN Barat Bidang Ilmu Kedokteran, Dr. dr. Siti Farida, M.Kes, Ph.D., acara ini adalah sinergi Fakultas Kedokteran (FK) BKS-PTN Barat dalam menyongsong kebijakan baru terkait dengan Surat Keputusan Bersama (SKB). Pada kebijakan tersebut mengatur terkait dengan peningkatan kuota penerimaan program sarjana kedokteran, dokter spesialis dan studi dokter spesialis melalui Academic Health System (AHS). Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Sinergi Fakultas Kedokteran PTN Wilayah Barat dalam Menyusun Strategi Transformasi SDM Kesehatan dan Pengembangan Centre of Excellence”.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada acara ramah tamah atau welcome dinner ini, dimana hal ini merupakan salah satu rangkaian dari acara seminar, FGD, rapat kerja dan pembentukan pengurus dari Forum BKS-PTN Barat pada bidang Ilmu Kedokteran,” ujar Dr. dr. Siti Farida yang juga merupakan Dekan FK Untirta.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjawab permasalahan dan isu-isu bidang kedokteran khsusnya berfokus pada transformasi SDM kesehatan baik secara kualitas maupun kuantitas. Bertujuan juga untuk mencapai kesepakatan kerja sama dan rekomendasi antar fakultas yang tergabung dalam perguruan tinggi negeri BKS-PTN Barat Bidang Ilmu Kedokteran. Semoga kita bisa terus silaturahmi dan berkolaborasi,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., yang mewkili Rektor Untirta mengatakan, dalam rapat kerja tersebut tentunya kegiatan ini sangat produktif dan Untirta sangat membutuhkan kegiatan ini.

Menurutnya, akan ada banyak hal yang akan dihasilkan seperti kesepakatan-kesepakatan dan setelah kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan kegiatan lain misalnya pertukaran, mahasiswa, dosen, seminar bersama dan sebagainya.

“Bisa juga meskipun di program MBKM Fakultas Kedokteran belum ada, tetapi siapa tahu bisa dapat dilakukan kerja sama dalam lingkup MBKM versi Fakultas Kedokteran sesuai dengan prosedur, karena kita tahu bahwa Fakultas Kedokteran ada mekanisme yang ketat. Mudah-mudahan ada kesempatan yang bisa dilaksanakan soal kegiatan di dalam menunjang kegiatan MBKM,” kata Agus.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh 13 peserta BKS-PTN Barat bidang ilmu kedokteran dari total 16 kepesertaan, Direktur RSUD Banten, Sivitas Akademika Untirta seperti Para Ketua Lembaga, Dekan, Wakil De Bukan, Sekretaris SPI, Para Kepala UPT, Para Kepala UPP, dan staf.(HI/TMA/AAP/VDF)