Hidupkan Semangat Melanjutkan Pendidikan, SMAN 26 Kabupaten Tangerang Ajak Peserta Didik Kunjungi Untirta

Diposting pada

SERANG, (18-02-2020) – Auditorium Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Kampus Pakupatan kembali meriah berkat kehadiran peserta didik SMAN 26 Kabupaten Tangerang yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan sejumlah guru pendamping. Kedatangan rombongan siswa kelas XI tersebut dilatarbelakangi oleh harapan pihak sekolah dalam meningkatkan motivasi para siswanya. Melalui kunjungan ini, diharapkan wawasan para siswa semakin terbuka seiring menggeloranya semangat dalam mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

(ki-ka) Dewan Guru SMAN 26 Kabupaten Tangerang, Kepala BAKP Untirta, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 26 Kabupaten Tangerang, Kepala Bagian Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Untirta, Kepala Sub Bagian Humas Untirta.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Untirta. Mudah-mudahan kunjungan kami hari ini menjadi motivasi buat peserta didik kami agar mereka lebih lebar pikiran dan batinnya untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi ke depan,” ungkap Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMAN 26 Kabupaten Tangerang, Dra. Sinta Simatupang. “Mudah-mudahan apapun yang mereka dapat dari sini menjadi bekal bagi mereka biar mereka termotivasi untuk melanjutkan perkuliahan ke tahun-tahun berikutnya.” Sambungnya.

Siswa/i yang terlibat dalam kunjungan ini ialah 37 siswa terpilih yang menjadi perwakilan dari sebelas kelas di SMAN 26 Kabupaten Tangerang. Dra. Sinta Simatupang berharap 37 siswa yang berkesempatan hadir mampu menyiarkan informasi yang mereka peroleh hari ini kepada teman-temannya di sekolah. “Mudah-mudahan bisa menjadi duta yang menyiarkan apa yang mereka dapat dari sini.” Ujarnya.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencaan (BAKP) Untirta, Drs. Mochamad Ganiadi, M.M. mendorong para siswa mengejar prestasi di tingkat ASEAN.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencaan (BAKP) Untirta, Drs. Mochamad Ganiadi, M.M. mendorong para siswa untuk berpacu mengejar prestasi setinggi mungkin, bahkan hingga ke skala internasional. “Kita terus meningkatkan kualifikasi dan kualitas untuk prodi maupun institusi kita dorong untuk berdaya saing di tingkat ASEAN. Adek-adek kalau ada yang diterima di Untirta mudah-mudahan (dapat memberikan) kontribusinya. Persaingan minimal di tingkat ASEAN, tidak di tingkat nasional lagi.” Harapnya.

Drs. Mochamad Ganiadi M.M. juga mengimbau para siswa untuk menyesuaikan perkembangan zaman yang kini telah beralih ke era digital dimana berbagai informasi dapat diakses hanya bermodalkan smartphone dan jaringan internet. Dengan demikian, seseorang tidak perlu lagi datang langsung ke Untirta hanya untuk mencari informasi. “Sekarang ini era digital. Semuanya ada di gengaman Anda. Cukup jari-jemari yang bicara untuk mencari informasi. Modalnya pulsa dan HP android.” Beliau berkata. Meskipun demikian, beliau menyampaikan bahwa Untirta tetap akan melayani dan memfasilitasi pihak yang ingin bersilaturahmi ke Untirta. “Tapi kalaupun mau ke sini nanti, bisa ketemu rekan-rekan Humas.” Ujarnya.

Kepala Bagian Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Untirta, Roudohtul Jannah, S.E. tetap menyarankan siswa untuk memilih prodi yang linier dengan jurusannya semasa SMA.

Pada SNMPTN tahun ini, tersedia 3 jenis konsentrasi yang dapat dipilih oleh siswa, yakni Soshum (Sosial Humaniora), Saintek (Sains dan Teknologi), dan Campuran. Kendati siswa diperkenankan untuk memilih prodi lintas minat, Kepala Bagian Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Untirta, Roudohtul Jannah, S.E. tetap menyarankan siswa untuk memilih prodi yang linier dengan jurusannya semasa SMA. “Disarankan untuk memilih (prodi) sesuai jurusan (IPS/IPA). Meskipun diperkenankan lintas minat, lebih baik linier.” Pesannya.

Dari tahun ke tahun, terdapat siswa yang tidak mendaftar ulang meskipun telah dinyatakan lolos SNMPTN oleh perguruan tinggi yang dituju. Salah satu penyebab adalah karena siswa tidak benar-benar menyukai prodi yang dilamarnya, melainkan hanya menjadikan prodi tersebut sebagai ‘alat jaga-jaga’. “Seharusnya sih pilihan kedua tuh beneran (disukai) juga. Artinya, alternatif kalau dia tidak dapat pilihan kesatu. Seharusnya pada saat memilih prodi 1 dan 2 itu yang benar-benar ingin dipilih.” Beber Roudohtul Jannah, S.E. Oleh karena itu, beliau menekankan para siswa agar memilih kedua prodi yang benar-benar mereka idamkan. “Jadi diusahakan pilihan kedua tuh benar-benar murni yang adik-adik ingin.”

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Untirta, Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M mengimbau para siswa agar menentukan arah dan tujuan hidupnya.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Untirta, Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M turut mengimbau para siswa agar mulai menentukan ke mana ingin melanjutkan pendidikan. “Adik-adik harus sudah punya arah dan tujuan. Apa maksud ibu bapak guru mengajak ke sini? Tentu agar adik-adik punya gambaran lebih luas.” Ujarnya. Beliau menyampaikan bahwa Untirta memiliki berbagai program studi yang dapat dijadikan pilihan. Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masing program studi, kecuali pendidikan kedokteran berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 7.500.000 yang ditetapkan berdasarkan sejumlah pertimbangan, seperti besaran pendapatan orang tua, besaran tagihan listrik, luas bangunan rumah, dll. “Selain kedokteran, UKT mulai dari 3 juta sampai yang tertinggi 7,5 juta.” Ungkapnya.

Staf Humas Untirta, Adhitya Angga Pratama, S.I.Kom mengingatkan para siswa agar tak segan-segan melampirkan sertifikat kejuaraan yang dimiliki siswa karena mampu meningkatkan peluang kelolosan. “Jangan lupa pada saat pendaftaran tahun depan sertifikat juaranya diunggah.” Imbaunya.

Beliau sekaligus menekankan pentingnya kolaborasi dengan Guru Bimbingan Konseling sebagai sosok yang berperan dalam pengarahan dan penyampaian informasi. “Kolaborasi dengan guru BK juga penting, Kalau ada apa-apa, siswa dapat arahan dari Guru BK. Kami mohon kerjasama sekolah untuk selalu share informasi terkait penerimaan mahasiswa baru. Jangan ada jarak di antara kita.” Pesannya. Adapun segala bentuk kendala terkait proses pendaftaran SNMPTN, seperti server down atau kesalahan NISN dapat disampaikan melalui www.halo.ltmpt.ac.id untuk memperoleh solusi. (Sekar – Humas)

Kepala BAKP Untirta menyerahkan plakat kepada Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 26 Kabupaten Tangerang.
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 26 Kabupaten Tangerang menyerahkan plakat kepada Kepala BAKP Untirta.
Siswa/i SMAN 26 Kabupaten Tangerang menyimak pemaparan dan arahan dari Untirta.