Upayakan Kurikulum Berstandar Internasional, FEB Untirta Gandeng ACCA

Diposting pada

Serang,- Acara penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Sharing Session antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dengan Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) di ruang Auditorium gedung FEB lt. 4 pada hari Kamis pagi (21/03). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Tri Lestari, SE., M.Sc. Ak., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian, dan Hilirisasi Riset yang juga mewaliki Dekan FEB yang sedang berhalangan hadir, para Katua Jurusan dan Sekretaris Jurusan di lingkungan FEB Untirta, tim Kerjasama Untirta serta para mahasiswa/i Jurusan Akuntansi FEB Untirta. Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Julia Simatupang selaku Country Manager & Chief Representative ACCA Indonesia dan Afif Alfarizi selaku Business Relationship Manager ACCA Indonesia.

Dalam sambutannya Wakil Dekan bidang 1 FEB Untirta menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang akan terjalin antara FEB Untirta dan ACCA. “Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan menggandeng ACCA, salah satunya yaitu peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa,” ucap beliau. Dengan bekerjasama dengan ACCA beliau berharap standar kurikulum yang dipakai oleh ACCA di level Internasional juga bisa diterapkan di FEB Untirta khususnya jurusan Akuntansi. “Kita ingin kurikulum yang ditempuh oleh teman teman semua di Akuntansi adalah kurikulum yang dibutuhkan oleh profesional di dunia kerja Akuntansi,” ucapnya. Menurut beliau dengan bekerjasama dengan ACCA para mahasiswa Akuntansi FEB Untirta akan memiliki peluang lebih besar dalam bersaing di dunia kerja baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Selain itu Fakultas juga memiliki peluang lebih besar untuk melaksanakan kuliah pakar atau seminar bertaraf Internasional.

Sebagai informasi tambahan, Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) sendiri adalah organisasi akuntansi profesional dunia yang didirikan pada tahun 1904 dan memberikan kualifikasi Chartered Certified Accountant (ACCA). Asosiasi ini memiliki lebih dari 233.000 anggota di seluruh dunia. Kantor pusat ACCA berada di London dengan kantor administrasi utama di Glasgow . ACCA memiliki jaringan lebih dari 110 kantor dan pusat di 51 negara – dengan 346 tempat pelatihan terakreditasi atau Approved Learning Partners (ALP) dan lebih dari 7.600 penyedia lapangan pekerjaan terakreditasi atau Approved Employer di seluruh dunia, yang menyediakan pengembangan karyawan. ACCA juga aktif di Nepal, India, Tiongkok dan Pakistan. (PPVA/AAP)