UPA Bahasa dan Internasionalisasi Bersama FEB Jalankan Program Online Research Talk Perdana dengan Tema Financial Inclusion, Macroprudential Policy and Crisis

Diposting pada

UPA Bahasa dan Internasionalisasi bekerjasama dengan Program Studi Ekonomi  Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta menggelar Program Online Research Talk Perdana di tahun 2024 dengan tema Financial Inclusion, Macroprudential Policy and Crisis. Research Talk yang merupakan program regular UPA Bahasa dan Internasionalisasi ini menghadirkan dua pemateri yaitu Prof Kumar Bebassis Duta dan Assoc Prof Dr Mallika Saha masing-masing dari Universitas Patuakhali Science and Technology University dan University of Barishal, Bangladesh. Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini adalah Assoc Prof Dr Cep Jandi Anwar dosen sekaligus kepala program magister Ekonomi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Professor Dr. Kumar Debasis Dutta, dan Dr. Mallika Saha memaparkan hasil studinya tentang peran inklusi keuangan dan kebijakan makroprudensial dalam mencegah krisis keuangan atau mengurangi keparahan krisis keuangan di masa depan dengan menggunakan panel yang terdiri dari 138 negara yang mencakup tahun 2004–2017. Hasil studi nya menunjukkan bahwa meskipun inklusi keuangan pada awalnya menurunkan kemungkinan terjadinya krisis, kemungkinan terjadinya krisis meningkat setelah indeks inklusi keuanganmencapai tingkat tertentu. Sebaliknya, negara-negara yang menerapkan kebijakan makroprudensial mempunyai kemungkinan lebih kecil untuk mengalami krisis dibandingkan negara-negara yang tidak menerapkan kebijakan makroprudensial. Selain itu, interaksi inklusi keuangan dan kebijakan makroprudensial saling melengkapi dan memainkan peran penting dalam mengurangi kemungkinan terjadinya krisis.

Kegiatan ini dihadiri oleh 217 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dalam bidang ekonomi baik dari Untirta maupun dari kedua universitas dimana pemateri berasal yaitu Patuakhali Science and Technology University dan University of Barishal, Bangladesh. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dan beberapa masukan dari peserta terkait hasil penelitian yang telah disampaikan oleh ke dua pemateri dalam kegiatan research talk perdana ini.

Kegiatan diakhiri dengan sesi penyerahan sertifikat secara online oleh kepala UPA Bahasa dan Internasionalisasi Assoc Prof Dr Udi Samanhudi.(UPABahasa/Humas)