Kelompok KKM 63 Tematik Ajak Warga Manfaatkan Limbah Pertanian

Diposting pada

Kelompok KKM 63 Tematik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar kegiatan penyuluhan pertanian sebagai bagian rangkaian kegiatan KKM atau kuliah kerja mahasiswa dengan tema “Meningkatkan Kreativitas Melalui Pemanfaatan Limbah Pertanian”. Acara ini semakin lengkap dengan kehadiran dari sambutan dan pembukaan acara dari Kepala Desa Kiarapayung yakni Apipudin serta sambutan dari Ketua Umum KKM 63 Tematik Untirta, yakni Teh Jihan Safitri.

Kegiatan penyuluhan kokedama ini dengan memanfaatkan narasumber dari dua mahasiswi dengan jurusan Agroekoteknologi yaitu Annisa Ranistira Putri dan Lorensa Aprillia. Dipilihnya pemateri dari mahasiswa dengan tujuan untuk menerapkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah kepada masyarakat Desa Kiarapayung. Dengan ilmu serta pengalaman yang dirasa cukup mampu dikembangkan dalam bentuk penyuluhan dengan diawali pemberian materi mengenai pentingnya menjaga, merawat serta memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tidak diketahui warga desa.
Pada kesempatan ini narasumber membawakan materi dengan dihadiri oleh peserta berusia remaja dengan range usia 14-20 tahun, dengan dihadiri oleh kalangan remaja dari SMPN Kiarapayung, Pondok Pesantren, SMK Bina Mandiri, Karang Taruna serta remaja pengurus Balai Desa Kiarapayung. Petani yang kita kenal bekerja di lahan dan berkecimpung dengan dunia bercocok tanam ternyata juga memiliki nilai kreativitas dan ramah lingkungan. Pemanfaatan limbah pertanian kelapa ini ditujukan agar mengurangi sampah dan meningkatkan nilai jual serta penambahan indeks pengetahuan masyarakat usia remaja agar lebih mengenal pertanian organik secara dasar.

Dimulai dengan pemanfaatan sabut kelapa yang sering dijumpai di pinggir jalan, harapannya menjadi cikal bakal berkembangnya kualitas desa dari segi lingkungan dan menumbuhkan generasi muda yang peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini dikemas menarik yang terlihat dari apresiasi peserta yang antusias saat melakukan praktek pembuatan kokedama setelah pemaparan materi. Selain menambah ilmu dan kreativitas, kegiatan ini menjadi penambah relasi antar remaja Desa Kiarapayung yang berasal dari berbagai instansi serta mendekatkan remaja dengan Karang Taruna Desa Kiarapayung.(KKM63)