Pemira Presiden Mahasiswa Untirta 2023-2024 Terpilih dengan Suara Terbanyak 

Diposting pada

SERANG-Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara pemilu raya pemilihan presiden mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa periode tahun 2023-2024, Gymnastiar Hamdani – Devililis Safitri resmi mendapatkan suara 6297 (nomor urut 1) sedangkan Paslon Nurhaedin – Mario Farhanuddin mendapatkan suara 4336(nomor urut 2). Total pemilih berjumlah 22210 dan 11577 tidak menggunakan hak suara. Pemilihan dilakukan berdasarkan e-voting dan pengumuman suara terbanyak dilakukan di Aula Student Center, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Kamis, 28 Desember 2023.

Wakil Rektor 3 Untirta Dr. H. Agus Sjafari, M.Si., mengatakan, kegiatan pemira tahun 2023 sampai selesai acara berjalan lancar mulai dari sosialisasi, pendaftaran dan sampai pengumuman berjalan lancar. “Ini potret kedewasaan berdemokrasi. Pemira ini bagian dari sirkulasi di level ormawa dan hari ini saya lihat memang Adek-adek mahasiswa cukup dewasa meskipun tingkat partisipasi pemilih dan tidak memilih fivety-fivety. Harapannya ke depan semuanya bisa memberikan aspirasinya,” ujarnya.

“Perlu ada sosialisasi dan aturannya perlu disempurnakan terkait pemira ini karena semua harus berpartisipasi dan ini bagian dari pembelajaran ke depan. Ke depan semua mahasiswa punya hak untuk berperan aktif,” imbuhnya.

Menurutnya, khusus Pemira ini perlu ada koordinasi yang lebih dan pekerjaan rumah ke depan terutama kepada wadek 3 sehingga pemira semakin efisien. “Secara pribadi saya kira e-voting ini lebih efektif dan menjaga terlalu lama kerumunan. Makanya dengan pemilihan model e-voting ini tidak mengurangi esensi demokrasi yang penting dalam sistem itu dibuat sedemikian rupa transparan kemudian perhitungan langsung dan lebih cepat dan semua sah,” ujarnya.(TMA/HI/AAP/VDF)