UIN Walisongo Semarang Studi Banding ke SPI Untirta

Diposting pada

Serang, UIN Walisongo Semarang melakukan kunjungan ke Untirta dalam rangka penguatan sistem pengawasan internal pada Kamis (26/10/2023). Kunjungan UIN Walisongo Semarang ini dikomandoi oleh Dr. H. Andi Fadllan, S.Si., M.Sc., sebagai Ketua SPI dan ditemani oleh para auditor dan verifikator.

Dr. Andi mengatakan, UIN Walisongo masih banyak perlu belajar dari lembaga baik yang di Kemenag maupun Kemendikbud terkait dengan SPI. “Kami melihat di profil website Untirta terkait dengan pengawasan terutama pada bidang akademik. Kami mohon izin dengan latar belakang yang beragam kami berupaya untuk belajar dan hari ini kami belajar bagaimana cara efektif dan efisien,” ujarnya.

Ketua SPI Untirta Prof. Dr. Rudi Zulfikar, SE. Akt, MM, M.Si., mengatakan, secara pekerjaan dari berbagai latar belakang itu bisa ditanggulangi salah satunya adalah dengan melakukan rapat koordinasi setiap hari Senin, rencana penugasan, evaluasi dan diskusi lain-lain. “Secara teori komunikasi itu bagus sehingga pekerjaan tidak ada kesalah pahaman.

“Kita memerlukan tenaga fungsional auditor karena dosen itu juga memiliki tugas utama mengajar. Sehingga para profesional itu mampu membantu kinerja kita sebagai fungsional,” ungkapnya.

“Kalau ingin optimal alokasinya ditambahkan kemudian pimpinan memahami kebutuhan itu bukan untuk hal-hal yang lain-lain karena dalam satu tahun kita harus selalu koordinasi dengan eksternal seperti ke BPKP, Irjen dan lain sebagainya,” imbuhnya.(TMA/AAP/VDF)