Peraih Gelar Doktor di Untirta Bertambah

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 69/ UN43.8/HM.00.06 /2023

SERANG-Usai Wali Kota Serang meraih gelar Doktor pertama di Untirta, penerima gelar Doktor di kampus dengan value JAWARA ini bertambah. Pada Kamis 16 Maret 2023, ditetapkan kembali gelar Doktor Manajemen Pendidikan atas nama Murni yang merupakan salah satu pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

Murni meraih gelar Doktor Pendidikan karena mampu membuktikan keabsahan penelitiannya tentang ‘Pengaruh Mutasi, Rotasi, dan Promosi terhadap Pengembangan Karir Tenaga Kependidikan PNS di Kota Serang, Provinsi Banten’ dan mendapatkan IPK 3.91.

Sidang ini dipimpin oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.; Sekretaris Sidang Dr. H. Aan Aspianto, S.Si., S.H., M.H.; Penguji tamu Dr. Drs. Arif Rahman, M.Pd., dari UNY; Promotor Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd.;  Co-Promotor Dr. Nurul Andriani, S.Si., M.Pd.; Penguji Utama Prof. Dr. Sudadio, M.Pd.; Prof. Dr. HM. Syadeli Hanafi, M.Pd.; dan Dr. H. Suherman, M.Pd. Acara ini juga dihadiri oleh Wali Kota Serang Dr. Syafrudin, S.Sos., M.Si., Wakil Ketua DPRD Kota Serang beserta jajaran dan staf.

Promotor Prof. Sholeh mengatakan, Murni menyelesaikan masa studi S3 selama 33 bulan atau lima semseter tiga bulan dengan perjuangan yang sangat ekstra. Murni behasil menyelesaikan disertasinya dan dianggap layak untuk diluluskan usai berjibaku dengan proses perbaikan dan evaluasi terhadap tugas penelitiannya.

“Dalam sebuah penelitian atau ilmu pengetahuan secara  filosofis harus memiliki tiga pilar yaitu pilar ontologi, epistimologi dan aksiologi. Pilar ontologi ditunjukkan dengan permasalahan yang tergambar dalam variabel yang diteliti dan setiap variabel penelitian harus dididukung dengan teori yang relevan dari green theory, middle theory dan application theory. Hal tersebut di dalam disertasi saudara Murni, M.Pd., sudah memenuhi,” ungkapnya.

Promovenda, Murni, M.Pd., menyimpulkan penelitiannya bahwa terdapat pengaruh positif mutasi terhadap pengembangan karir tenaga kependidikan PNS di Kota Serang.

“Yang kedua terdapat pengaruh positif rotasi terhadap pengembangan karir tenaga kependidikan PNS di Kota Serang, dan yang ketiga terdapat pengaruh positif promosi terhadap pengembangan karir tenaga kependidikan PNS di Kota Serang dan yang terakhir terdapat pengaruh mutasi, rotasi dan promosi secara simultan terhadap pengembangan karir tenaga kependidikan PNS di Kota Serang,” jelasnya.

Prof. Fatah berpandangan sebagai seorang engineer bahwa sulit bisa dijawab dari pertanyaan penguji bagaimana penggunaan tools alat statistik itu secara filosofi bisa dinarasikan bahwa T Hitung dari Rotasi ternyata lebih kecil daripada T Hitung Tabel Mutasi.

“Salah satunya muncul klu daya adaptasi. Saya kira ini luar biasa seorang guru bisa menerjemahkan secara filosofis angka statistik menurut saya ini juga kelebihan dari saudari promovenda. Saya sudah tidak sabar tanda tangan ijazah dua lulusan perdana program ilmu Doktor Untirta,” ujarnya.

Wali Kota Serang Dr. Syafrudin bersyukur di lingkungan Pemkot Serang selain dirinya ada lagi yang bisa menempuh gelar Doktor dan ia berharap kepada yang lain untuk bisa mengikuti jejak dirinya dan saudari Murni.(HI/AAP/VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737