TIM KAIBON: AWAL YANG BAIK MOBIL LISTRIK KEBANGGAAN UNTIRTA

Diposting pada

Serang,-Perkembangan mobil listrik di era 5.0 menghadirkan berbagai macam inovasi. Hal ini yang dilakukan mahasiswa sebagai generasi penerus untuk mampu menyumbangkan ide kreatif terhadap perkembangan mobil listrik di Indonesia. Ide-ide yang disumbangkan salah satunya yang dilakukan mahasiswa Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM), FKIP Untirta dengan merancang mobil listrik yang diberi nama KAIBON TEAM. Rancangan mobil listrik diawali pada tahun 2019 dengan melakukan berbagai riset dan pada tahun 2022 perdana mengikuti Event Latihan Bersama dan Time Attack yang diselenggarakan oleh Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR di Bandung. Event ini diikuti oleh 17 tim dari Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta. Salah satu yang ikut perpartisipasi adalah mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, FKIP, Untirta dari berbagai angkatan dengan jumlah 6 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing. Tim dari PVTM terdiri dari Danu Rahmatullah, khoirul ali, Muhamad Nur Iqrom, Muhdori, Diki Purbasari, dan Rahmad Krismon Dovi serta satu dosen pembimbing Haris Abizar, M.Pd.

Event yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 10-11 Desember 2022 diawali dengan latihan bersama di Sirkuit Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan sebanyak 4 lap di hari pertama. Tim KAIBON dengan driver atas nama Diki Purbasari dan tim lainnya harus mampu melewati rintangan berupa jalur lurus, belok, dan menanjak. Adapun pada hari kedua, TIM KAIBON dan peserta lainnya akan berlanjut untuk menguji kecepatan mobil listrik sebanyak dua sesi. Tiap sesi peserta harus mampu melewati lintasan sebanyak 6 lap.
Dengan partisipasi pada event ini, harapan TIM KAIBON dapat memberikan yang terbaik untuk jurusan, fakultas, dan universitas serta dapat dengan rutin mengikuti event mobil listrik yang bertaraf nasional. Semoga menjadi mobil listrik yang berjiwa JAWARA. JAYAlah TIM KAIBON.