Untirta Anugerahi Mitra Strategis dari Berbagai Kategori

Diposting pada

Serang-Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kolaborasi dan kemitraan menjadi bagian penting pada pengimplementasiannya. Oleh karena itu, Untirta terus berupaya untuk terus bekerja sama dengan para mitra strategis dengan  value Jujur Adil Wibawa Amanah Religius Akuntabel (JAWARA).

Rektor Untirta Prof. Dr. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., mengungkapkan rasa bangga dan syukur karena Untirta saat ini adalah hasil kerja keras bersama antar pihak. Ada kerja sama yang menaunginya baik itu dari sesepuh, pendiri dan masyarakat umum di Banten yang didukung dan berkolaborasi dengan para mitra.

“Ini bukti kebersamaan kita, bukan hanya milik masyarakat Banten tetapi juga nasional seperti apa yang diamanatkan oleh Pak Jokowi bahwa Untirta harus menjadi menara air yang mengalirkan pengetahuan yang menghasilkan sumber daya yang utuh dan berdaya saing secara global,” ungkapnya.

Tokoh masyarakat Banten H. Embay Mulya Syarief mengatakan, masyarakat Banten ingin menjadi masyarakat modern. Cirinya adalah profesional dan efisien, maka ia mengandaikan apabila orang Banten pergi ke Bandung (untuk kuliah-red) itu tidak efisien.

“Kemudian waktu proses pembentukan Provinsi Banten kita ditanya  profesor berapa dan yang doktor berapa. Saya bilang itu nanti (akan terlaksana-red) setelah Banten jadi provinsi dan sekarang terbukti. Alhamdulillah. Profesor di Banten kini jumlahnya sudah berlipat-lipat,”

Ketua Dewas Untirta Prof. Endang Aminudin, Aziz, M.A., Ph.D., menyampaikan, pada usia ke-41, Untirta hadir dengan berbagai perkembangan luar biasa secara fakta.

“Saya baru 9 bulan 12 hari menjadi Ketua Dewas Untirta ini sama seperti bayi yang dikandung 9 bulan 10 hari lahir dan saya menyaksikan seolah-olah kelahiran baru seperti yang disampaikan Haji Embay tadi ada dan tiada sama saja, tetapi sekarang berbeda,” tuturnya.

Saya menyaksikan ini menelaah kemajuan yang dibuat Untirta dan tentu saja sebagai sebuah cikal bakal Universitas modern, Untirta tidak cukup bekerja sendiri buktinya apa bahwa kehadiran para Mitra itu sangat esensial, malam ini pembuktian itu dilakukan. Sebuah perguruan tinggi modern tentu tidak cukup  hanya mengandalkan pendapatan dari yang sangat konvensional seperti sumbangan dari masyarkat sudah ketinggalan zaman tetapi perguruan tinggi adalah pusat segala macam keunggulan. Di situ ada keilmuan yang dikembangkan.

Hadir juga dalam kegiatan pada kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum,Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas, H. Kurnia Nugraha, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Dr. H. Suherna, S.P., M.Si., Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., para Kabiro, pimpinan unit, koordinator dan subkoordinator, staf dan tentunya para mitra strategis dan tamu undangan.

Berikut merupakan penerima Anugerah Mitra Kerja sama Untirta 2022 berdasarkan masing-masing kategori di antaranya:

  1. Mitra Srategis Bidang Pengelolaan Keuangan dan Penambahan Aset: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara Syariah Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), Pemerintah Kabupaten Pandeglang.
  1. Mitra Strategis Bidang Pengembangan Infrastruktur dan Pemanfaatan Energi: PT Agra Surya Energi, PT Bilang Tekno Building Automation Sistem. 
  1. Mitra Strategis Bidang Kedaireka: Hade Agro Indonesia, Rin Co., Ltd, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah Lebak.
  1. Mitra Strategis Pengembangan Bidang Kesehatan: Rumah Sakit Umum Banten, Rumah Sakit Umum Daerah Cilegon, Rumah Sakit dr Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang, Rumah Sakit Hasan Sadikin. 
  1. Mitra Srategis Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Beasiswa: PT Indah Kiat Pulp & Paper, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Serang, Bank Indonesia, PT Paragon, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) PT Pelindo Regional 2, Banten, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, YPM PLN.
  1. Mitra Strategis Perusahaan Multinasional Bidang Penguatan dan Pengembangan Akademik Mahasiswa: PT Yokogawa Indonesia, PT Huawei Tech Investment (FT), Posco Tj Park Foundation
  1. Mitra Srategis Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan: PT Bank Central Asia, Yayasan Raga Alam Nusantara, Yayasan Kehati Indonesia, Yayasan WWF Indonesia. 
  1. Mitra Strategis Bidang Komunikasi dan Sebaran Informasi : Harian Umum Kabar Banten, Harian Umum Radar Banten, Harian Umum Banten Raya, Antara.
  1. Mitra Strategis Penanggulangan Bencana: BNPB Pusat, BNPB Provinsi Banten, Pusat Riset Kelautan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.
  2. Mitra Strategis Luar Negeri: Monash University, Queen’s University Belfast, Universitas Sains Malaysia Chonam University Korea.(HI/TMA/AAP/VDF)