Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Untirta Dapat Pembekalan Pengenalan Kampus

Diposting pada

Serang-Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melangsungkan kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana Tahun Akademik 2022/2023 di Ruang Auditorium Lantai 3 Gedung B, Untirta, Pakupatan, Kota Serang, Senin (8/8/2022). Kegiatan yang bertema ‘Membangun Generasi Tangguh dan Berkarakter Smart and Green Kampus Jawara ini dihadiri oleh sekitar 375 peserta dari program magister (304 orang) dan program doktor (71 orang).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman ST., M.T., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Dr. H. Suherna, SP., M.Si., Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Senat Untirta Prof. Dr. H. Soleh Hidayat, M.Pd., Direktur Pascasarjana Untirta Dr. H. Aan Asphianto, S.Si, SH., MH., Sekretaris Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Kartina A.M., M.P,, dan jajaran, dekanat, pimpinan prodi, dan unit lainnya. Adapun materi pada kegitan ini diisi oleh PJ. Gubernur Banten Dr. Al Muktabar, M.Sc.

Sekretaris Pascasarjana Untirta sekaligus ketua pelaksana kegiatan Prof. Kartina menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dengan melakukan penyuluhan kampus, pemakaian secara simbolis dan pengenalan sistem tata kelola di fakultas maupun universitas.

“Setelah selesai pada kegiatan orientasi ini akan dilanjutkan dengan pelaksanaan prapasca bagi mahasiswa magister dan perkuliahan matrikuliasi bagi program doktor,” jelasnya.

Direktur Pascasarjana Untirta Dr. Aan mengungkapkan, kegiatan pengenalan kampus dimaksudkan agar para mahasiswa tidak canggung dan bisa mengenal lebih dekat dengan para pimpinan, pengajar dan staf kampus. Sementara terkait dengan perkuliahan para mahasiswa pun diminta untuk tidak sungkan apabila ada hal-hal yang perlu dikonfirmasi atau ditanyakan.

“Selamat datang kepada Bapa/Ibu yang resmi menjadi mahasiswa Pascasarjana Program Magister dan Doktor di Untirta. Adapun fasilitasi, terutama fasilitas di kampus Pakupaatan dan kampus baru Kampus Untirta Sindangsari sudah siap digunakan untuk bapak ibu,” ungkapnya.
Rektor Untirta menjelaskan, dengan adanya mahasiswa baru ini diharapkan bisa semakin membangun kapasitas diri dan komitmen kampus untuk menuju kampus dunia.

“Mari bersama-sama kita membuat tapak, kampus Untirta Sindangsari adalah tapak atas kerja sama atau gotong royong dari semua pihak terutama masyarakat. Kita juga perlu meneladani dan meneruskan perjuangan Syekh Nawawi Al-Bantan dan Sultan Ageng Tirtayasa yang sudah membuat tapak yang begitu luar biasanya bagi kita semua,” tutur Rektor.

Mahasiswa Magister Jurusan Bahasa Indonesia Idawati mengatakan, masuk ke Pascasarjana Untirta adalah bagian dari pengembangan diri dan kesempatan belajar dan pengembangan karirnya sebagai guru di MAN 2 Kota Serang. “Kampusnya bagus dan memiliki nominasi yang baik di nasional dan itulah alasan mengapa saya memilih Untirta,” katanya yakin.(HI/AAP/VDF)