Perkuat Database IPTEK, Pusdatin Kemristek/BRIN Kunjungi Untirta

Diposting pada

Jum’at 13/11 – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menerima kunjungan dari Pusat data dan informasi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional bertempat di ruang rapat Rektorat Untirta. Kegiatan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Untirta, Kepala LPPM, Kepala BAKP, Kasubag TU Pusdainfo dan perwakilan unit terkait di lingkungan Untirta serta tim dari pusat data dan informasi (Pusdatin) Kemristek/BRIN. Maksud dari kunjungan ini yaitu untuk melakukan koordinasi pengelolaan data iptek pendidikan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik Untirta Dr. H. Agus Sjafari, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Untirta sudah memiliki aplikasi SIKITA untuk memantau kinerja dosen selain aplikasi yang disediakan oleh pusat seperti simlitabmas yang khusus terkait penelitian. “Saya berharap kepada tim dari Pusdatin yang hadir dapat menjelaskan secara detail terkait sistem informasi iptek”, ungkapnya. Beliau menambahkan bahwa bagian yang membidangi Iptek di Untirta yaitu LPPM dan dibantu secara teknologi informasi oleh Pusdainfo.

Rudiyanto sebagai perwakilan Pusadatin Kemristek/BRIN dalam kunjungan ini salah satunya menyampaikan tentang komponen penilaian sebagai bahan pemeringkatan perguruan tinggi khususnya dalam bidang iptek. “Salah satu komponen pemeringkatan perguruan tinggi diambil dari SIMLITABMAS”, ujarnya.  Untirta juga diminta untuk memenuhi delapan komponen Indikator Kinerja Utama (IKU) agar dapat meningkatkan peringkat PTN. “Saya berharap kunjungan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan data iptek di Untirta”, ujarnya.

Ketua LPPM Untirta Dr. H. Rusmana menyampaikan kondisi data Iptek di Untirta. “Belajar dari pengalaman akreditasi institusi, Untirta berupaya merapikan data agar mudah di akses dan terpublikasi, sehingga ketika diperlukan, mudah untuk diakses”, ungkapnya. Beliau juga menjelaskan bahwa LPPM Untirta telah membuat sistem informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (SIMPENMAS).

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait penguatan materi yang disampaikan.