LPPM Untirta Gelar Workshop Penerapan Teknologi Hijau: Material Maju dan Energi Berkelanjutan

Diposting pada

Serang – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan Workshop Penerapan Teknologi Hijau dengan Sub Tema Material Maju dan Energi Berkelanjutan pada Senin, 14 Oktober 2024 di Student Center Kampus Sindangsari.

Hadir dalam kegiatan ini Dr. Ing. Muhammad Iman Santoso, S.T., M.Sc. selaku Sekretaris LPPM Untirta, Prof. Agus Pramono, S.T., M.T., Ph.D. selaku Kepala Pusat Penelitian Material Maju, Energi dan Teknologi Hijau sekaligus Ketua Pelaksana Workshop, para Kepala Pusat dan Staf LPPM Untirta, para Peneliti Untirta, serta Perwakilan Dewan Energi Mahasiswa. Hadir sebagai Narasumber Dr. Eng. Deni Shidqi Khaerudini selaku Research Professor, National Research and Innovation Agency (BRIN), Dr. Ir. David Rahardian, S.T., S.H., M.H., M.M. selaku CEO PT. Gandasari Group Investama, dan Prof. Agus Pramono, S.T., M.T., Ph.D.

Prof. Agus selaku Ketua Pelaksana Workshop memberikan sambutan pembuka yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian untuk menginventariskan riset-riset yang di Untirta. “Workshop ini diselenggarakan untuk menginventarisir riset-riset yang ada di Untirta, materinya juga sangat visioner untuk menghadapi arus globalisasi saat ini,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa Workshop kali ini mendatangkan narasumber yang berkompeten untuk membahas mengenai material maju dan energi berkelanjutan agar kedepannya para peneliti Untirta serta Dewan Energi Mahasiswa mampu melahirkan berbagai riset penelitian yang berkaitan dengan topik ini.

Selanjutnya, sambutan dari Sekretaris LPPM Untirta sekaligus membuka acara, Dr. Ing. Iman yang menyampaikan bahwa Workshop ini merupakan salah satu dari rangkaian Dies Natalis Ke-43 Untirta dan menjadi kegiatan untuk memperkuat berbagai taget yang ingin dicapai Untirta. “Workshop hari ini masuk sebagai salah satu rangkaian dari Dies Natalis Ke-43 Untirta yang juga menjadi kegiatan untuk dapat memperkuat visi Untirta menjadi PTN-BH hingga World Class University dan kegiatan hari ini diharapkan dapat membentuk Untirta menjadi Kampus Eco Innovation dan Sustainibility,” ucapnya.

Sesi pemaparan materi pertama dimoderatori oleh Mario Farhanddin selaku Kepala Research dan Teknologi Dewan Energi Mahasiswa Untirta. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Agus Pramono, S.T., M.T., Ph.D. selaku Kepala Pusat Penelitian Material Maju, Energi dan Teknologi Hijau yang menyampaikan materi terkait paparan material maju dan aplikasinya dalam teknologi hijau.

Sesi pemaparan materi kedua dimoderatori oleh Dr. Sugeng Setyadi, S.E., M.Si. selaku Kepala Pusat Penelitian, Pengembangan Wilayah Keberlanjutan, Studi Ekonomi dan Lingkungan Hidup LPPM Untirta. Materi kedua disampaikan oleh Dr. Eng. Denni Shidqi Khaerudini selaku Research Profesor National Research dan Innovation Agency (BRIN) yang menyampaikan materi mengenai Energi Berkelanjutan dan Emisi Karbon. Materi ketiga disampaikan oleh Dr. Ir. David Rahadian, S.T., S.H., M.H., MM. selaku CEO PT. Gandasari Group Investama yang memaparkan materi mengenai Teknologi Hijau Terkini dan Implementasi di Industri.

Kemudian terdapat sesi diskusi terbuka antara narasumber dan peserta yang disertai dengan rencana tindak lanjut ringkasan poin-poin dari pemaparan materi serta evaluasi dan kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

Penulis: Ahmad Baedowi/Adhitya Angga Pratama Humas Untirta
Foto: Ahmad Baedowi