Faperta Untirta Tandatangani Kerja Sama dengan BKHIT Banten

Diposting pada

CILEGON-Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melakukan penandatanganan kerja sama dengan Badan Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Banten (BKHIT Banten) bertempat di Kantor Induk Satuan Pelayanan (Satpel) Pelabuhan Merak Banten, Badan Karantina, Hewan, Ikan dan Tumbuhan Banten. Hadir dalam kegiatan Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Banten Ir. Turhadi Noerachman, M.Si, Dr. Drh. Melani Wahyu A.,M.Si selaku PJ Satuan Pelayanan Pelabuhan Merak, beserta jajaran dari Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Banten. Dekan Faperta, Dr. Ririn Irnawati S.Pi.,M.Si didampingi oleh Wakil Dekan III Tb.Bahtiar Rusbana, S.TP., M.Si. Ph.D, Ketua Jurusan Agroekoteknologi Dr. Dewi Firnia,S.P.,M.P, Sekretaris Jurusan Agroekoteknologi Julio Eiffelt Rossaffelt Rumbiak S.P.,M.P.,MPM dan Endang Sulistyorini,S.P.,M.Si selaku Kepala Laboratorium Tanah dan Agroklimat Jurusan Agroekoteknologi Faperta Untirta beserta mahasiswa Fakultas Pertanian dari jurusan Agroekoteknologi dan Teknologi Pangan yang sedang melakukan magang di Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Banten.

Kegiatan di buka oleh Ir. Turhadi Noerachman, M.Si., beliau menyambut baik atas terselenggaranya kerja sama ini. Kerja sama antara institusi pendidikan merupakan langkah strategis yang sangat penting dalam menghadapi tantangan dan peluang di era globalisasi ini. Perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan dan penelitian memiliki peran penting dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, sementara Badan Karantina Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kesehatan dan keamanan pertanian serta kelestarian lingkungan. Dengan adanya kerjasama ini, kita berharap dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang karantina pertanian. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian, memperkuat kapasitas sumber daya manusia, dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional.
Sambutan kedua oleh Dekan Fakultas Pertanian, Dr.Ririn Irnawati,S.Pi.,M.Si.,  menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan wujud nyata dari komitmen  bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam bidang karantina pertanian. Perguruan tinggi memiliki peran strategis sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam konteks ini, kerjasama dengan BKHIT Banten menjadi sangat relevan dan signifikan. Dengan dukungan dan kolaborasi, kita dapat memperkuat kapasitas akademik dan riset kita, serta memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menjaga kesehatan dan keamanan pangan serta lingkungan. Kami berharap melalui kerja sama ini, para dosen dan peneliti kami dapat terlibat dalam berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan yang relevan, serta dapat berbagi pengetahuan dan keahlian dengan para praktisi di BKHIT Banten.

“Selain itu, kami juga berharap para mahasiswa kami dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk terlibat dalam program magang, penelitian lapangan, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat memperkaya pengalaman dan wawasan mereka. Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua.

Acara ini diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Implementation Arrangement (IA) antara Faperta Untirta dengan Balai Karantina Hewan,Ikan dan Tumbuhan Banten. PKS dan IA tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan strategis antara kedua institusi, dengan fokus meningkatkan keterkaitan dalam kegiatan pengajaran dan penelitian.

Selain itu, kerja sama ini juga membuka peluang luas untuk kegiatan magang mahasiswa MBKM, Kuliah Kerja Profesi (KKP), Riset atau penelitian dosen dan mahasiswa, serta kolaborasi dalam penyelenggaraan seminar, dan bimbingan teknis tentang kegiatan Perkarantinaan Indonesia.(Humas/Faperta)