PPG Prajabatan FKIP Untirta Gelar Webinar Lingkungan Sehat

Diposting pada

Serang – PPG Prajabatan Gelombang 1 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FKIP UNTIRTA) menyelenggarakan kegiatan Webinar Lingkungan Sehat melalui Zoom Meeting, pada Kamis (23/05).

Dengan mengusung tema “Membangun Kesadaran dan Aksi Untuk Lingkungan Sehat di FKIP Untirta”, webinar ini diharapkan memberikan pemahaman mendalam mengenai isu-isu lingkungan yang dihadapi saat ini, serta menginspirasi mahasiswa,
dosen, dan warga FKIP lainnya untuk mengambil langkah konkret dalam menjaga dan
melestarikan lingkungan.

Hadir dalam kegiatan ini Heri Haryanto, S.T., M.T. selaku Kepala Pusat Pengembangan Kampus Hijau yang Smart, Terintegrasi, dan Berkelanjutan sekaligus menjadi Pemateri 1, Lollita Luciana Ekayani selaku perwakilan Earth Hour Serang sekaligus menjadi Pemateri 2, Dr. Murti Ayu Wijayanti, M.Pd selaku Ketua PPG Prajabatan FKIP Untirta, Ria Sudiana, M.Si. selaku Dosen Pembimbing sekaligus Wakil Dekan 2 FKIP Untirta, dan Siti Jumaroh, S.Pd. selaku Moderator.

Kegiatan diawali oleh sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Rahayu Tirta Kusumah. Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Dosen Pembimbing dan Ketua PPG Prajabatan FKIP Untirta.

Materi pertama disampaikan oleh Heri Haryanto, S.T., M.T. yang membahas mengenai lingkungan sehat. Ia menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini sangat perlu dilaksanakan sebagai contoh untuk para calon guru yang nantinya akan menjadi pelopor dan penggerak.

“Saya rasa, kegiatan ini perlu dijadikan contoh oleh sebagian calon guru yang nantinya akan menjadi pelopor dan penggerak,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan visi misi Untirta yaitu Terwujudnya Untirta sebagai Healthy, Integrated, Smart, and Green (HITS and Green) University menuju PTN BH yang Unggul, Berkarakter, dan Berdaya Saing Global Tahun 2030.

“Pada kegiatan ini saya sampaikan bahwa Untirta melalui visi misi tersebut telah berkomitmen untuk menjadikan Untirta sebagai kampus yang sehat dengan mengintegrasikan kesehatan sebagai bagian dari pada budaya yang tercermin dari berbagai kegiatan operasional sehari-hari dan pengelolaan administrasi,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa kebijakan-kebijakan institusi juga telah tercermin dengan dikeluarkannya keputusan Rektor tentang pembentukan tim HPU (Health Promoting University), tim SMK3, tim Satgas, UPA Bimbingan Konseling, dan kebijakan-kebijakan lainnya. Namun demikian, semua itu tidak cukup jika tidak dibarengi dengan perubahan perilaku civitas akademika Untirta lainnya.

“Pola hidup sehat dan beraih perlu ditanamkan, kebiasaan aktivitas fisik juga perlu digalakkan kembali akan kebugaran tetap terjaga,” ucapnya.

Sesi materi kedua disampaikan oleh Lollita Luciana Ekayani yang membahasa mengenai pengelolaan sampah. Ia menyoroti mengenai kesadaran penuh akan membuang sampah yang seharusnya dijadikan kebiasaan oleh semua orang khususnya civitas akademika FKIP Untirta.

“Kesadaran dan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya perlu menjadi hal yang membudaya dikalangan civitas akademika FKIP Untirta,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan literasi kesehatan, edukasi masalah kesehatan jiwa, dan pengetahuan tentang keseimbangan gizi juga merupakan hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan promoting layanan kesehatan disamping tindakan konsultasi kesehatan dan pengobatan yang sifatnya kuratif. (AB/IHS/AAP)