Evaluasi dan Uji Kompetensi Tenaga Kependidikan di Lingkungan Untirta

Diposting pada

Cilegon, Bagian Kepegawaian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan kegiatan Evaluasi dan Uji Kompetensi Tenaga Kependidikan di Lingkungan Untirta yang dilaksanakan di Gedung COE (Center OF Exelent) Fakultas Teknik Untirta Cilegon pada hari Selasa (15/10/2019). Pada kegiatan Tersebut di Hadiri oleh Rektor Untirta yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kepegawaian Kurnia Nugraha, ST., MT, Staf Ahli Kepegawaian tono Sumartono, S.Sos, Kabag Kepegawaian Evi Masna Chotimah, S.Ag, Kasubag Kepegawaian Eko Supriyanto, S.Kom., MM., M.Ak, beserta seluruh staf Kepegawaian, Tim UCC ( Untirta Conseling Center ), para tenga Kependidikan Untirta.

Kasubag Kepegawaian Untirta Eko Supriyanto, S.Kom., MM., M.Ak menyampaikan peran penting SDM ( Sumber Daya Manusia) dilingkungan Untirta sebagai upaya pencapaian tujuan sekaligus rencana strategis yang sudah ditetapkan oleh pimpinan, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada hari pertama diikuti sebanyak 189 tenaga kependidikan dan pada hari rabunya sebanyak 156 orang dan tahapannya yaitu test kecerdasan dan test keterampilan. Dan Pada hari kamisnya dilakukan test komputer bagi  seluruh tenaga kependidikan yang bertempat di Gedung Pusda Info. Beliau mengatakan untuk hasil dari test tersebut akan diumumkan melalui email masing-masing tenaga kependidikan kurun waktu kurang lebih seminggu.

Kabiro BUKK Deden Herry Hermawan, SE., MM selaku ketua pelaksana melaporkan dasar pelaksanaan a) UU no.5 tahun 2014 tentang ASN , b) PP 11tahun 2017 tentang manajemen PNS, c). Perka BKN nomor 23 Tahun 2011 Tentang pedoman Pegawai Negeri Sipil. Menurut Kabiro BUKK tujuan kegiatan test Assesment ini adalah 1.untuk mengukur kompetensi dan atau potensi individual dari tenagaKependidikan dilingkungan Untirta. 2. Untuk mendapatkan informasi sebagai dasar pengembangan dan perencanaan karir tenaga kependidikan yang bersangkutan. 3. Untuk mendapatkan bahan rekomendasi kelebihan dan kekurangan kompetensi dan atau potensi pegawai sehingga dapat dilakukan upaya pembinaan. 4. Untuk mendapatkan bahan konseling guna mendorong peningkatan kinerja pegawai tenaga kependidikan. 5. Untuk penilaian tingkat keterampilan, kemampuan dan pengetahuan pegawai, serta untuk menentukan kelayakan seorang pegawai dalam jabatannya, pungkasnya.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan kepegawaian Kurnia Nugraha, ST., MT pada kesempatan sambutan memberikan arahan serta motivasi dan sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa SDM itu adalah pilar utama dan maju tidaknya Untirta itu tergantung kita semua sebagai bagian dari Untirta, bapak dan ibu sekalian sebagai ujung tombak Untirta. Menurut Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kepegawaian mengatakan sekarang kita sedang menggodok adanya peraturan Rektor mengenai pegawai Untirta. Nanti ada aturannya dimana jenjang karir dan kepastian serta hak-haknya, tetapi tentunya ada kewajiban  juga dan kami berupaya memberikan reward bagi yang berprestasi dan memberikan sangsi bagi yang tidak serius  dan sungguh-sungguh bekerja. Beliau pun menyampaikan bahwa tidak akan lama akan ada recruitment PNS dan PPPK dan untuk PPPK arahannya ke Fungsional ada pelaksana dan ada fungsional. Evaluasi absen bagi yang non PNS yang kehadirannya diatas maksimum ketidakhadiran kemungkinan tidak akan dilakukan perpanjangan lagi, yang non PNS akan diusulkan akan adanya uang makan  ini sudah masuk pada telaah dan pembahasan, semoga. Diakhir sambutannya mengatakan bagi bapak dan ibu pegawai yang sudah lama baik di fakultas dan unit kerja lainnya siap-siap untuk dilakukan penyegaran. ( Anas-Humas ).