UNTIRTA dan UNITAL Jalin Kerja Sama Internasional di Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Diposting pada

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperluas jaringan internasional dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama dengan Universidade Oriental Timor Lorosa’e (UNITAL) dari Timor Leste. Kerja sama yang fokus pada pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom pada 5 Agustus 2024.

Acara penandatanganan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak penting dari kedua universitas. Dari pihak UNTIRTA, hadir Rektor Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Rusmana, Ir., M.P., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Prof. Alfirano, S.T., M.T., Ph.D., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Leo Agustino, Ph.D., serta Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama Tb. Bahtera Rohimudin, S.E., M.Si. Sementara itu, dari pihak UNITAL hadir Dr. Antonio Guterres, Wakil Rektor 1 , Cecilio Belo , Wakil rektor 2,bersama jajaran penting lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor UNTIRTA Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk merealisasikan kerja sama ini. “Era sekarang adalah era kolaborasi, dan dengan tangan terbuka kami siap melakukan kerja sama dalam berbagai aspek layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Universidade Oriental Timor Lorosa’e. Khususnya dalam kegiatan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), serta secara umum agenda-agenda bersama dalam riset kolaborasi, pengabdian masyarakat, dan pendidikan. Kami juga siap mengirimkan para dosen dan peneliti untuk melakukan kolaborasi riset antara UNITAL dan UNTIRTA,” ungkapnya.

Wakil rektor UNITAL, Dr. Antonio Guterres, juga menyampaikan sambutan hangatnya, “Atas nama UNITAL, kami merasa bersyukur sekali dalam kesempatan ini. Terutama untuk semua kesiapan maupun komitmen antara kedua belah pihak. Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua lembaga. Pendekatan dalam bidang riset saya pikir sangat penting sekali antara kedua negara supaya bisa menjalin hubungan baik,” tuturnya.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antara kedua institusi, serta memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste. Kedua universitas berkomitmen untuk terus menjajaki peluang kolaborasi lebih lanjut yang bermanfaat bagi pengembangan akademik dan sosial di kedua negara.(RMU/AAP)