Torehan Segudang Prestasi Sivitas Akademika Hiasi Peringatan Hardiknas di Untirta  

Diposting pada

Serang-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) bertempat di Plaza Rektorat, Kampus Untirta Sindangsari, Kabupaten Serang, Jumat (13/5/2022). Acara ini dihadiri oleh seluruh sivitas akademika Untirta secara tatap muka dan daring melalui kanal YouTube Untirta Official.

Bertindak sebagai Pembina Upacara Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT. Dalam kesempatan tersebut untirta melalui Rektor memberikan anugerah satyalancana karya satya dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Selain penghargaan tersebut, Rektor juga memberikan penghargaan bagi dosen dan tendik Untirta mendapatkan penghargaan bergengsi di kancah nasional, seperti dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), Kemendikbud Ristek dan Kemenpan RB.

Pembina Upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, BA., MBA dengan tema Hardiknas 2022 “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Ia menyampaikan kebanggaan dan apresiasi yang tinggi kepada para penerima penghargaan sebagai bentuk komitmen peningkatan kualitas dan mutu Untirta sebagai smart and green University dengan value JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius dan Akuntabel).

Adapun para penerima penghargaan pada Upacara peringatan Hardiknas tahun 2022 di lingkungan Untirta secara rinci sebagai berikut :

  1. Penerima penghargaan audit mutu internal terbaik tahun 2021 lembaga pengembangan pendidikan dan  penjaminan  mutu (LP3M) di Lingkungan Universitas  Sultan  Ageng  Tirtayasa Tahun 2022: Fakultas Kedokteran (D3 Keperawatan, Terbaik I), Fakultas Pertanian (Teknologi Pangan,  Terbaik II), (Fakultas Ekonomi dan Bisnis D3 Keuangan dan Perbankan, Terbaik III).
  2. Penerima Penghargaan Program  Kompetisi  Kampus  Merdeka  (PKKM) Lembaga Pengembangan  Pendidikan  dan Penjaminan  Mutu (LP3M) di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  tahun 2022: Fakultas Teknik (Teknik Industri), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Ilmu Komunikasi), Fakultas Keguruan dan Ilmu (Pendidikan Biologi).
  3. Penerima penghargaan kerjasama kurikulum dan implementasi MBKM tahun 2021 di lingkungan Universitas  Sultan  Ageng  Tirtayasa Tahun  2022: Fakultas  Pertanian (Agroekoteknologi), Fakultas Keguruan  dan Ilmu  Pendidikan (PG PAUD), Fakultas Teknik (Teknik Kimia).
  4. Penerima penghargaan peringkat 10 besar tertinggi, perolehan Response Rate (RR)  pelaksanaan tracer study tahun 2021 di lingkungan Universitas  Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2022: Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan  dan Ilmu  Pendidikan (S1),  Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan  dan Ilmu  Pendidikan (S1), Fakultas Keguruan  dan Ilmu  Pendidikan (S1), Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu  Sosial dan Ilmu  Politik (S1), Ilmu  Pemerintahan, FISIP (S1), Teknik Industri Fakultas Teknik (S1),  Manajemen  Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis (D3), Perpajakan, Fakultas  Ekonomi dan Bisnis (D3), Keperawatan, Fakultas  Kedokteran  (D3), Administrasi  Publik Fakultas Ilmu  Sosial dan Ilmu  Politik (S1), Teknik Kimia Fakultas Teknik (S1).
  5. Penerima penghargaan pengelola jurnal berprestasi di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2022: Pendidikan IPA (FKIP,  sinta 2),  Ilmu  Pemerintahan ( FISIP, Sinta 2), Pendidikan  Kimia  (FKIP, Sinta 2), Pendidikan Fisika (FKIP, Sinta 3), Teknik Kimia  (Fakultas Teknik, Sinta 3), Pendidikan Bahasa Inggris (FKIP, Sinta 3), Teknologi  Pangan (Fakultas Pertanian, Sinta 3), Pendidikan Teknik  Elektro  (FKIP, Sinta 3).
  6. Penerima penghargaan dosen berprestasi di bidang penelitian  dan pengabdian  kepada  masyarakat dalam rangka peringatan  hardiknas  tahun 2022 di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2022: Dr.  Supriyanto,  ST.,M.T., (Fakultas Teknik),  Dr.  Rena Yulia,  S.H.,M.H. (Fakultas Hukum) dan Dosen  Berprestasi bidan Pengabdian Kepada Masyarakat  Dr.  Ririn  Imawati,  S.Pi.,M.Si.    (Fakultas Pertanian) dan Dr.  Ipah Ema Jumiarti,  S.IP.,M.Si., (FISIP).
  7. Profesor termuda tingkat nasional Prof. Dr. Ir. Wahyu Sushiono., ST., MT, (Rekor Muri).
  8. ASN Inspiratif PAN RB Tahun 2021 dan Prestasi Luar Biasa Baiknya dari Mendikbudristek, Dr. Firman Hadiansyah, M.Hum.
  9. Insan Humas Terpopuler Tahun 2021, Adhitya Angga Pratama, M.Ikom.
  10. Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 32 PNS di lingkungan Untirta.

Rektor bersyukur karena sivitas akademika Untirta bisa mengikuti upacara Hardiknas dengan khidmat. Rektor juga bangga dan bahagia ada torehan prestasi yang sudah diraih oleh sivitas akademika Untirta.

Ia menambahkan bahwa capaian prestasi harus terus meningkat dengan prinsip kebersamaan, rasa saling memiliki Untirta dengan karakter JAWARA untuk mencerdaskan anak bangsa. “Apresiasi juga akan terus diberikan untuk menumbuhkan semangat sivitas akademika Untirta sebagai wujud berlomba-lomba dalam kebaikan,” ujarnya.

“Terima kasih kepada semuanya yang sudah mengarumkan Untirta lewat prestasi yang ditorehkan. Mari kita bertekad untuk menindaklanjuti Untirta JAWARA,” tegas Rektor.(HI/AAP/VDF)