Untirta Bersama Kemenlu RI Laksanakan Kuliah Umum “Banten Dalam Dunia Diplomasi”

Diposting pada

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bekerja sama dengan Pusat Pendidikan & Pelatihan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Banten Dalam Dunia Diplomasi” pada Jumat, 25 Oktober 2024 di Ruang Multimedia, Rektorat Kampus Sindangsari.

Hadir dalam kegiatan ini, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT. selaku Rektor Untirta, Prof. Alfirano, ST., MT., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Tubagus Edwin Suchranudin selaku Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri, para Staf Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemlu RI serta para mahasiswa Untirta.

Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri, Tubagus Edwin Suchranudin, menyampaikan bahwa kegiatan hari ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang baik bagi para mahasiswa. “Hari ini kami mencoba menyelenggarakan kuliah umum dengan memberikan 4 materi yang menarik, salah satunya kesempatan bekerja diluar negeri yang tentu diharapkan dapat bermanfaat bagi para mahasiswa Untirta,” ujarnya.

Ia juga optimis bahwa kedepannya akan banyak masyarakat Banten khususnya mahasiswa Untirta yang bertugas dan berkarir di Kementerian Luar Negeri untuk menjadi diplomat muda demi mengharumkan nama baik Kementrian Luar Negeri dan Banten.

Kemudian, Rektor Untirta, Prof. Fatah, menyampaikan bahwa Untirta sangat mengapresiasi adanya kolaborasi yang terjalin dengan Kementerian Luar Negeri. “Saya ucapkan terima kasih atas kolaborasi baik yang sudah terjalin antara Untirta dengan Kementerian Luar Negeri dan semoga kerja sama ini terus dapat berjalan untuk melahirkan berbagai hal baik kedepannya,” ucapnya.

Selanjutnya, terdapat pemaparan materi oleh Diplomat Ahli Muda Sekolah Dinas Luar Negeri, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Materi pertama mengenai peluang bagi generasi muda untuk berkarir di Kementerian Luar Negeri yang disampaikan oleh Dwi Monica. Materi Kedua, mengenai Keprotokolan: Teori dan Praktek, yang disampaikan oleh Mochammad Arif Ramadhan. Materi ketiga, tentang Pedoman dalam menjalankan hubungan Luar Negeri yang disampaikan oleh Budi Atyasa. Materi terakhir, mengenai Isu-isu Pelindungan WNI di luar negeri yang disampaikan oleh Hernawan Bagaskoro Abid.

Selanjutnya, terdapat sesi tanya jawab antara para peserta dengan narasumber. Kegiatan diakhir dengan tukar-menukar cinderamata antara Kementerian Luar Negeri RI bersama Untirta serta foto bersama.

Penulis: Ahmad Baedowi/Adhitya Angga Pratama Humas Untirta
Foto: Ahmad Baedowi