Indonesia Siap Ekspor Udang ke Afrika

Diposting pada

SERANG-Untirta dan Sekdilu Angkatan ke-77 c.q. Kelompok Kelautan dan Perikanan melakukan Kerja Sama Penyelenggaraan Lokakarya Peningkatan Akses Pasar Ekspor Bagi Pelaku Industri Udang di Provinsi Banten ke Afrika Melalui Mesir, pada Kamis (24/10/2024) di SC 1, Student Center, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang. Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor 4 Untirta Prof. Alfirano, Ph.D., Direktur Sekdilu Kemenlu RI Harry Rusmana Irawan, Kadis Kelautan Provinsi Banten Eli Susiyanti, dari KBRI Kairo, dan jajaran.

Harry mengatakan, Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas teknis pelaku industri udang di Banten dalam memenuhi standar internasional, meningkatkan daya saingnya di pasar ekspor, dan memperkuat kolaborasi antara pemangku kepentingan.”Ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal di Provinsi Banten sehingga mendapatkan hasil yang lebih positif dalam bidang kelautan,” ujarnya.

Prof. Alfirano menuturkan, kegiatan ini dimungkinkan bisa membuka akses perdagangan udang di provinsi Banten menuju global. “Di Untirta, khususnya di Prodi Perikanan dan Kelautan kami siap berpartisipasi dalam memberikan kontribusi melalui pengembangan ilmu pengetahuan riset atau penelitian yang relevan dalam hal ini,” tuturnya.

Menurut Eli, ada 12 negara menjadi tujuan ekspor seperti USA, Jepang dan Cina, untuk Afrika masih menjadi pekerjaan rumah bagi berbagai elemen sehingga bisa terbuka aksesnya untuk mengekspor udang ke Afrika. “Udang masih menjadi komoditas unggulan ekspor perikanan jadi sudah tepat dan teman-teman Kemenlu memilih udang sebagai komoditas. Dan saat ini ada 62 unit pengolah ikan di Banten yang orientasinya ekspor ikan,” ujarnya.

Sementara KBRI Kairo mengatakan, Mesir sebagai salah satu negara memiliki perkembangan perekonomian yang pesat di Afrika Utara dan dengan wacana ekspor udang ke Mesir ini menjadi hal yang positif untuk diwujudkan. “Konsumsi udang di Mesir semakin meningkat di antara 110 juta jiwa dan berkembangnya industri kuliner baik bagi kebutuhan domestik maupun pariwisata menjadikan ekspor udang ini menjadi hal yang strategis,” katanya.

Penulis: Arif/Angga Humas Untirta

Foto: Arif