Masuk Penilaian Tahap II, Humas Untirta Optimis Kembali Berprestasi di Ajang AHD

Diposting pada

SERANG-Pada tahapan Anugerah Humas Diktiristek (AHD) Kemendikbudristek Tahun 2024, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kategori Sosial Media masuk dalam Penilaian Tahap II. Pada penilaian Tahap II ini, dilakukan sesi wawancara melalui Zoom yang dihadiri Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Prof. Alfirano, S.T., M.T., Ph.D., Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama H. Tubagus Bahtera Rohimudin, S.E., M.Si., serta Ketua Pokja Humas Adhitya Angga Pratama, S.I.Kom., M.I.Kom., pada Rabu 25 September 2024.

Kategori Media Sosial Untirta di AHD 2024 ini berpeluang mendulang gold karena beberapa hal di antaranya; mampu mengangkat citra kampus sehingga Untirta berhasil menjadi salah satu dari 9 PTN dengan jumlah pendaftar SNBT terbanyak di tahun 2024. Berperan aktif dalam mendukung program MBKM, IISMA, IKU, Kedaireka dan sebagainya. Selain itu, jumlah followers media sosial Untirta meningkat signifikan seperti followers Instagram menjadi 80.000 followers, dan Tiktok pengikutnya meningkat sampai 79 persen.

Humas juga guna mengaktivasi media sosialnya memiliki program inovatif seperti Tirta Kelana, Setapak, Jawara MBKM, Untirta Update, Kabar Tirta, Dihumasin, Seminggu Untirta, Alur Jawara dan Prestasi Untirta.
Angga menyampaikan, hasil analitik juga menunjukkan pengikut media sosial itu berada di usia 18-25, 35-35, yang artinya adalah pengguna muda atau Gen Z yang bisa menjadi audien strategis dalam menyosialisasikan berbagai program kampus.

“Kami punya ragam konten yang terus dikembangkan. Di sisi lain setiap hari kami melakukan evaluasi melalui Grup WhatsApp dan berkala setiap minggu untuk mengelola program agar semakin banyak dan semakin menjadi perhatian bagi masyarakat,” ujarnya.

Prof. Alfirano menuturkan, dalam pelaksanaannya media sosial Untirta berpatokan pada value JAWARA yakni Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, dan Akuntabel. “Kemudian terkait komitmen pimpinan kami berupaya bahwa visi misi dan kebijakan kampus itu disampaikan melalui platform medsos. Instagram dan tiktok sangat efektif sekarang kalau lewat medsos bisa lebih cepat. Kami juga memberi dukungan penuh anggaran di POK Humas, fasilitasi akun media sosial resmi dengan pengelolaan yang terukur dan terjadwal, serta dukungan sumber daya mahasiswa melalui program magang,” katanya.

Penulis: Hilman/Angga Humas
Foto: Humas