Untirta Targetkan Raih Sertifikasi ISO Tahun Ini

Diposting pada

Serang, – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar rapat koordinasi untuk mempersiapkan Sertifikasi ISO 9001:2015 pada hari selasa (27/08) pagi di Ruang Rapat lt. 4 gd. Rektorat. Hadir dalam rapat tersebut Prof. Dr. -Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPU selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Kepala Biro Umum Kepegawaian dan Keuangan Deden Hery Hermawan, S.E, MM beserta tim, serta Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Tb. Bahtera Rohimudin, SE., M.Si beserta tim serta tim persiapan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Asep Ridwan menjelaskan bahwa Untirta tengah mempersiapkan diri untuk memasuki ranah global dengan meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu. “Harapannya, Untirta bisa berkiprah di ranah internasional. Semua dokumentasi, SOP, serta tata kelola di Untirta tidak hanya bersifat lokal dan nasional, tetapi juga global,” ujar beliau. Ia juga menekankan pentingnya menerapkan tata kelola dan budaya mutu sebagai kebiasaan di kalangan civitas akademika. “Budaya mutu harus menjadi habit para pegawai, baik tendik maupun dosen. Jika seluruh tata kelola sudah sesuai prosedur dengan baik, sertifikasi ini juga akan kita dapatkan,” tambahnya.

Rapat ini juga merupakan bagian dari Program Revitalisasi PTN-BH yang fokus pada tata kelola perguruan tinggi agar lebih sistematis dalam dokumentasi dan aktivitas berbasis SOP.

Pendampingan untuk sertifikasi ISO 9001:2015 dijadwalkan akan dilaksanakan secara online pada 20 dan 23 September, dan uji sertifikasi langsung oleh D’LOYD, badan sertifikasi internasional dari Inggris, akan dilakukan pada 3-4 Oktober 2024. (PPVA/AAP)