Untirta Selenggarakan Lokakarya Konsorsium Internasional dalam Program Revitalisasi Menuju PTNBH

Diposting pada

­SERANG-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada Selasa, 27 Agustus 2024 menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Konsorsium Internasional sebagai bagian dari program revitalisasi Untirta dari perguruan tinggi negeri Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Kegiatan ini berjalan dua hari sampai Rabu, 28 Agustus 2024. hadir dalam kegiatan Ketua Tim PIU Revitalisasi/Kepala UPA Lab. Terpadu Yus Rama Denny M., S.Si., M.Si., Ph.D., Dekan Fakultas Hukum, para Kepala UPA, dan jajaran, BAPPEDA Prov. Banten, BAPPEDA Kab. Serang dan BAPPEDA Kota Serang dan empat Pemateri dari Monash University Indonesia dan Nottingham University.

Kepala PIU Revitalisasi Yus Rama (Ketua UPA Laboratorium Terpadu) mengatakan, Lokakarya ini tidak hanya berfokus pada transformasi institusional Untirta tetapi juga mencakup diskusi tentang pengembangan Kota Serang sebagai ibu kota Provinsi Banten. Salah satu topik utama yang dibahas adalah ‘re-designing Serang sebagai Urban Education City’ yang mengimplementasikan prinsip-prinsip kota pintar dan keberlanjutan. Lokakarya ini bertujuan untuk memperkuat peran Untirta dalam pengembangan wilayah dan mendukung transformasi kota Serang menuju kota yang cerdas dan berkelanjutan.

Lokakarya konsorsium internasional dalam rangka program revitalisasi menuju PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) di Untirta adalah upaya strategis untuk memperkuat kolaborasi akademik internasional dan meningkatkan reputasi global kampus. Kegiatan ini melibatkan berbagai universitas dan institusi penelitian internasional untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam bidang penelitian, pengajaran, dan manajemen pendidikan tinggi.

Untirta berharap dapat membangun jaringan kemitraan yang lebih kuat, membuka peluang kerja sama penelitian, pertukaran pelajar dan dosen, serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dalam mencapai standar internasional. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Untirta, serta mempersiapkan kampus untuk menghadapi tantangan global dalam dunia pendidikan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPU., mengatakan, hari ini yang hadir adalah orang-orang pilihan yang ke depannya mampu membawa Untirta ke arah global. “Itu yang kita fokuskan. Mindset kita buka, sambil bertahap dan motivasi kita untuk terus berkembang. Terima kasih kepada semua yang terlibat,” tuturnya.(TMA/NYD/AAP)