Pendidikan Biologi FKIP Untirta Gelar Pelatihan ‘Science, Technology, Engineering, and Mathematics Education’ bagi Guru SMA se-Kota dan Kabupaten Serang

Diposting pada

SERANG-Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengadakan Kegiatan Pengabdian, bertajuk “Pelatihan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Education bagi Guru SMA se- Kota dan Kabupaten Serang”, pada Kamis, 22 Agustus 2024, bertempat di Ruang Edutaria, Kampus Ciwaru, Untirta. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Untirta Dr. Fadlullah, S.Ag., M.Si. dan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Enggar Utari, M.Si.

Sebanyak 50 orang guru mata pelajaran Biologi dari berbagai SMA Negeri dan SMA swasta, yang tergabung dalam MGMP Kota dan Kabupaten Serang, turut serta dalam pelatihan. Selama pelatihan para peserta terlihat antusias dan terlibat secara aktif, baik selama penyampaian materi oleh narasumber, Dr. Indah Juwita Sari, M.Si., maupun saat diskusi kelompok. Peserta dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk mempraktekkan secara langsung bagaimana mendesain pembelajaran berbasis-STEM di tingkat SMA. Dalam pelatihan terungkap bahwa sebagian besar guru sebelumnya telah mendengar atau mengetahui tentang STEM Education, dan sebagian lainnya belum memahami apa yang dimaksud dengan konsep STEM dan bagaimana implementasinya dalam pembelajaran.

Namun demikian, pada prinsipnya para guru sejatinya telah menerapkan konsep serupa dalam pembelajarannya, hanya saja mereka tidak memahami bahwa sejatinya mereka telah menerapkan STEM Education dalam pembelajarannya.

Siti Gia Syauqiyah Fitri, M.Biotech, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan menyatakan bahwa luaran dari kegiatan ini adalah terbentuknya Modul Ajar berbasis STEM yang dapat didaftarkan sebagai produk kekayaan intelektual (HAKI). Ketua Pelaksana berharap bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para guru dan diterapkan di sekolah asal masing-masing. Dia juga berharap kegiatan serupa dengan tema-tema berbeda selanjutnya dapat terus dilakukan oleh Pendidikan Biologi, FKIP, Untirta, sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.(FKIP/Humas)