oplus_0

UPA Bimbingan dan Konseling Cegah Mahasiswa ‘Drop Out’ dengan Pelatihan ‘Mentari’

Diposting pada

SERANG-Unit Penunjang Akademik (UPA) Bimbingan dan Konseling menggelar Pelatihan Mentor Teman Sendiri (Mentari) – Sobat Cerita untuk mahasiswa sebagai upaya untuk membantu teman sebaya menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi melalui mendengarkan secara aktif, dialog terbuka, dan mengetahui masalah kondisi kesehatan mental mahasiswa di lingkungan Untirta. Kegiatan dilaksanakan di Aula SC 3, Gedung Student Center, Kampus Untirta, Sindangsari Rabu 14 Agustus 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Rusmana, Ir., M.P., Kepala UPA Bimbingan dan Konseling Untirta Dr. Evi Afiati, M.Pd., dan (pemateri) Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK Indonesia) Wilayah Banten) Sake Pramawisakti, S.Psi., Psikolog.

Dr. Evi mengatakan, banyak hal yang perlu dibenahi karena dari hasil survei terhadap mahasiswa kondisi kesehatan mental oranye yang membutuhkan layanan logis. “Ini adalah salah satu bagian dari visi kampus yakni healthy yang sehat mental dan sejahtera secara psikis dan mudah-mudahan tidak ada lagi drop out karena adanya faktor X yang menyebabkan down mentalnya,” kata Dr. Evi.

Dr. Rusmana menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi dari visi Untirta yakni kampus memberikan kenyamanan dan keamanan baik fisik maupun mental kepada seluruh civitas.

“Kami selaku pimpinan bersyukur dan mengapreasiasi kinerja Bu Evi dan kawan-kawan dalam mengawal UPA. Progresnya luar biasa sampai dengan hari ini,” ujarnya.

Sake Pramawisakti menuturkan, saat ini banyak terjadi perubahan norma dan banyak sekali orang menderita kesehatan mental yang berdampak negatif terhadap kinerja bahkan bisa membahayakan orang lain.

“Mahasiswa dosen dan Pegawai tidak bisa lepas masalah kejiwaan dan ini bisa kita atasi dengan misal berinteraksi, ngobrol dan saling menjaga satu sama lain,” tuturnya saat membuka materi.(TMA/AAP)