Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat, Untirta Kunjungi Al-Mizan dan Darel Azhar Berikan Pembekalan IPTEK

Diposting pada

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memberikan pembekalan ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) kepada santriwan dan santriwati pondok pesantren modern AL-Mizan 2 dan Darel Azhar dalam rangka kegiatan Pengabdian Masyarakat Pimpinan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Sabtu (20/07).

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Rusmana, Ir., MP., Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Umum Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPU, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Agus Sjafari, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Prof. Alfirano, ST., MT., Ph.D., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. H. Fadlullah, M.Si., Ketua LPPM Prof. Dr. Meutia, SE., MP, dan Ketua LPMPP Prof. Dr. Ir. Wahyu Susihono.,ST.,MT.,IPM.,ASEAN Eng.

Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dan bertujuan memotivasi para santri untuk terus mengembangkan diri dan menyelaraskan ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.

Kunjungan pertama dilakukan di Pondok Pesantren Modern Al-Mizan 2 Pandeglang, yang dihadiri oleh sekitar 510 santriwati. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT menegaskan pentingnya menyelaraskan Ilmu Agama dan dan Ilmu pengetahuan saat ini,

“Para santri disini selain pemahaman agamanya maka perlu digalih juga pemahaman ayat-ayat kauniyahnya (Ilmu Allah Ta’ala yang berupa alam semesta dengan seluruh hukum yang menyertainya) di Untirta. Dengan value JAWARA, kita menjalankan tugas mulia yang membutuhkan kerjasama dan gotong royong. Hari ini, kami dengan tangan terbuka membuka kolaborasi untuk mendidik bibit-bibit unggul Al-Mizan dalam menerjemahkan pengetahuannya di pesantren.”

Drs. K.H. Anang Azharie Alie, M.Pd.I yang merupakan kyai dan pendiri pondok pesantren Al-Mizan menyambut antusias kedatangan Untirta,

“Ini kali perdana Untirta berkunjung ke Al-Mizan, terimakasih atas kunjungannya kami sangat mengapresiasi inisiatif Untirta dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui kunjungan ini, semoga ini menjadi awal dari berbagai kegiatan kolaboratif yang dapat dilakukan bersama di masa mendatang”

Acara selanjutnya ialah pemberian materi oleh Wakil Rektor II Prof.Dr.-Ing.lr. Asep Ridwan, ST., MT., IPU. bertema “Pengembangan IPTEK Menuju Generasi Emas Indonesia”, yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dengan para santri.

Kunjungan kedua dilakukan di Pondok Pesantren Darel Azhar Rangkasbitung yang dihadiri sekitar 250 santri. Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyampaikan, dengan terjalinnya kolaborasi Untirta dengan pesantren di Banten diharapkan dapat berdampak positif melalui kegiatan-kegiatan seperti penelitian, KKM tematik, dan kegiatan akademik lainnya. Ia juga menyampaikan kebijakan mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru,

“Secara kebijakan saya informasikan untuk tahun ini, saya sudah menerima surat permohonan dari wakil rektor bidang akademik, mengenai alokasi khusus bagi kandidat calon-calon potensial dari provinsi Banten, bagi santri-santri yang sudah hafidzh Qur’an ada 20 prodi yang ditawarkan, paling lambat tanggal 26 Juli 2024”

Perwakilan pimpinan Pondok Pesantren Darel Azhar Ust. H. Suwandi, S. Ag, M.Pd. selaku Biro I dan Kepala MTs Darel Azhar menyambut baik kedatangan Untirta,

“Selamat datang di Pondok Pesantren Darel Azhar. Saya mewakili pimpinan yang saat ini berhalangan hadir mengucapkan terimakasih atas kunjungan pimpinan Untirta beserta tim kesini, semoga terjalinnya silaturahmi ini dapat membawa berkah dan manfaat bagi kita semua”

Kegiatan selanjutnya ialah pemberian materi oleh Ketua LPMPP Prof. Dr. Ir. Wahyu Susihono.,ST.,MT.,IPM.,ASEAN Eng. bertajuk “Pengembangan Kualitas Diri & Karakter Unggul Santri menuju Generasi Emas Indonesia”.