Bagian Umum Untirta Laksanakan Bimtek Tata Kelola Kearsipan

Diposting pada

SERANG- Tim Arsiparis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelola Arsiparis di lingkungan UNTIRTA yang bertempat di Hotel Aston Serang pada Rabu (17/07)

Hadir dalam acara tersebut Rektor UNTIRTA Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, , Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Rusmana, Ir., MP., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPU, Kepala Lembaga, Kepala UPA, para Kabiro, para Kabag dan tendik UNTIRTA serta menghadirkan Narasumber Biro Umum dan PBJ Kemendikbudristek Annuha, S.H., Rustina, S.Sos., M.AP, dan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Peny Wulandari.

Kegiatan ini  diinisiasi oleh dibawah Bagian Umum UNTIRTA. Raudhatul Janah selalu Kabag Umum Untirta menyampaikan bahawa kegiatan ini sangat penting, perihal dokumen arsip di lingkungan UNTIRTA harus lebih tertata sesuai dengan Undang-undang kearsipan No. 43 tahun 2009 bagaimana arsip itu dikelola dengan baik dengan benar.

Rektor UNTIRTA Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT dalam sambutannya mengatakan bahwa Arsip di UNTIRTA akan kita tata dari narasumber Kemendikbudristek dan ini sangat penting untuk mendapatkan pencerahan terkait dengan pengelolaan arsip di lingkungan UNTIRTA

“dalam kegiatan ini kita bisa mendapatkan transfer knowledge dengan pemahaman apa itu arsip statis dan dinamis, retensi waktu, penyimpanan arsip, membentuk arsip digital hinggan pengamanan arsipnya dan UNTIRTA bisa meningkatkan kualitas layanan arsip ” ungkapnya.

Kepala Biro Perencanaan Keuangan dan Umum Deden Hery Hermawan mengatakan bahwa di UNTIRTA ini masih belum sempurna terkait dengan kearsipan, maka dari itu dalam kegiatan ini kita bisa mendapatkan sesi pemantapan dari narasumber Kemendikbudristek.

“pada hari ini bahwa fungsi arsip ada di bagian umum, kita belajar dan menggali informasi terkait dengan arsip, bagaimana pengelolaan arsip itu dengan baik” katanya.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPU.dalam kesempatan memberikan sambutan bahwa tata Kelola arsip itu sudah sangat penting bagi tumpuan bukti Sejarah di lingkungan UNTIRTA,

“kearsipan itu sebenarnya kunci menjadi tata Kelola lebih baik, arsip menjadi hal yang sangat urgent, termasuk dokumen-dokumen yang kita buat seperti SOP, SK dan lain sebagainya, dan dengan kegiatan ini kita bisa tau sebagai pondasi lebih lanjut, dengan fokus basic tata kepengolaan arsip”.

Narasumber ANRI Peny Wulandari Dalam materi nya mengatakan bahwa arsip statis akan terverivikasi apabila adanya pengelolaan arsip aktif dan inaktif/dinamis yang benar. Sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan. (DDZ/AAP)