Kegiatan Monitoring Kedua Pertumbuhan Pohon Berbasis Digital di Untirta Menggunakan Aplikasi Karlon

Diposting pada

Serang, – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali mengadakan kegiatan monitoring pertumbuhan pohon berbasis digital untuk kedua kalinya menggunakan aplikasi Karlon. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis (18/07) di Ruang Multimedia Kelas Terpadu kampus Untirta Sindangsari.

Acara tersebut dihadiri oleh Heri Haryanto, ST., MT., selaku Kepala Pusat Pengembangan Kampus Hijau, para mahasiswa Duta Kampus Untirta, dan anggota Smart & Green Community (SGC). Selain itu, tim dari Jejakin Carlon juga hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Untirta dengan BCA yang menggandeng platform Jejakin.

Heri Haryanto menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk memantau pertumbuhan pohon, tetapi juga sebagai bentuk edukasi bagi para mahasiswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan berkontribusi dalam upaya penghijauan. “Dengan aplikasi Karlon, kita dapat memonitor perkembangan pohon secara efektif dan efisien, serta melihat dampak positif yang dihasilkan terhadap lingkungan,” ujarnya.

Monitoring pertama telah dilakukan pada tanggal 26 September 2023 lalu. Beberapa jenis pohon yang ditanam di antaranya Alpukat, Pisbul, Asam, Mangga, Nangka, Teh, Apel, Tabebuya, Mahoni, Jambu Air, dan Durian, dll. Dengan memanfaatkan barcode yang tertera pada pohon, informasi jenis pohon serta keterangan lengkap mengenai pohon tersebut dapat diakses dengan mudah. Monitoring berkala ini diharapkan mampu menghitung jumlah karbon yang diserap oleh pohon-pohon tersebut, dengan hasil yang dapat dilihat secara real-time melalui website.

Pada kegiatan tahun lalu, Satria dari BCA, menyampaikan bahwa Untirta merupakan satu-satunya kampus yang telah menerapkan program ini. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi institusi lain dalam memanfaatkan teknologi untuk pelestarian lingkungan dan pengurangan jejak karbon.

Kegiatan monitoring kedua ini menegaskan komitmen Untirta dalam mendukung keberlanjutan lingkungan melalui penggunaan teknologi digital. Mahasiswa diharapkan terus aktif berpartisipasi dan mengembangkan kesadaran lingkungan demi masa depan yang lebih hijau. (PPVA/AAP)