Untirta Resmi Luncurkan Rooftop Solar Panel Berkapasitas 0,5 MWp Dalam Rangka Global Energy Independence Day

Diposting pada

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) secara resmi meluncurkan pemasangan Rooftop Solar Panel berkapasitas 0,5 MWp dalam rangka Global Energy Independence Day pada Rabu, (10/07/2024). Acara yang berlangsung di Aula Gedung Fakultas Hukum Kampus Untirta Sindangsari ini merupakan hasil kerja sama antara Untirta dan PT Agra Surya Energy. Pengadaan panel surya ini merupakan implementasi visi Untirta yaitu HIT’S and Green yang berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29-41% pada tahun 2030.

Pembangkit listrik tenaga surya ini menjadi panel berkapasitas terbesar yang dipasang di rooftop atau puncak bangunan di Indonesia. Panel ini telah terpasang di berbagai rooftop gedung fakultas di Kampus Untirta Sindangsari, yaitu Gedung Fakultas Pertanian, Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Gedung Fakultas Hukum, serta Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Rektor Untirta, Prof. Ir. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST, MT, dalam sambutannya menegaskan komitmen Untirta sebagai Green University yang mendukung program pemerintah tentang kebijakan energi nasional transisi dari energi fosil menjadi Energi Baru Terbarukan (EBT). “Komitmen kampus yang ramah lingkungan “Green University” Kita mendukung program pemerintah untuk menyiapkan bauran energi baru terbarukan. Maka inilah kontribusi nyata yang dilakukan Untirta dalam mensupport program pemerintah untuk melakukan kreativitas inovasi dalam mengembangkan energi non-fosil yang selama ini bergantung pada supply PLN,” ungkapnya.

Prof. Fatah Sulaiman juga berharap dengan adanya PLTS ini untirta menjadi Role Model  kampus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. kita akan wujudkan kampus yang ramah lingkungan, bukan hanya konservasi energi, tapi juga konservasi air termasuk konservasi lingkungan. tahun ini InshaAllah akan meluas penataan konservasi embung dan penyiapan sistem tata kelola sampah terpadu.  Sehingga kampus untirta menjadi role model kampus yang ramah lingkungan dan sustainable”. Tambahnya

Direktur Keuangan PT. Agra Surya Energy, Julius Andre Candra, turut mengungkapkan bahwa pemanfaatan solar panel di Untirta dapat menjadi percontohan dalam pemanfaatan Energi Baru terbarukan (EBT) “Kami berharap ini menjadi contoh bagi Institusi non pendidikan lain supaya mengembangkan potensi-potensi dalam pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) khususnya di kawasan Banten, dan semoga kita bisa terus berinovasi untuk mengembangkan teknologi energi Baru terbarukan untuk mewujudkan net zero emission Tahun 2030”. Ungkapnya

Turut hadir pada Peluncuran ini Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Rusmana, Ir., MP., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPU., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Agus Sjafari, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Prof. Alfirano, ST., MT., Ph.D., Para Jajaran Dekan Fakultas, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementrian ESDM, Kepala BBWSC3 Kementrian PUPR, Kepala Bappeda Provinsi Banten, Kepala Distamben Propinsi Banten, Ketua Pertamina Foundation, Kepala PLN ULP Prima Krakatau, Direktur  Keuangan PT Agra Surya Energy, Direktur Grab dan Para Mahasiswa. (MTP/AAP)