Wakil Rektor IV Untirta Hadiri Joint Working Group (JWG) Indonesia-Prancis XIII di UNESA

Diposting pada

Surabaya, 3 Juli 2024 – Wakil Rektor Bidang IV Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Alfirano, turut serta dalam pertemuan Joint Working Group (JWG) Indonesia-Prancis XIII yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Acara yang berlangsung dari 2 hingga 4 Juli 2024 ini mengumpulkan ratusan delegasi untuk memperkuat kemitraan dan membahas riset serta inovasi berkelanjutan antara Indonesia dan Prancis.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Alfirano menekankan pentingnya acara ini untuk hubungan bilateral di bidang pendidikan dan riset. “Acara ini sangat penting, terutama terkait hubungan bilateral di bidang pendidikan dan riset yang harus terus berkembang,” ujarnya. Prof. Alfirano didampingi oleh Kepala Internasional Office Untirta, Udi Samanhudi, Ph.D., serta Ketua Pokja Humas, Adhitya Angga Pratama, M.I.Kom beserta tim. Untirta juga mengisi booth pameran di acara JWG ini

Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menjelaskan bahwa forum ini merupakan wujud kerja sama strategis antara pemerintah Indonesia dan Prancis di bidang pendidikan. “Forum ini mempertemukan para pejabat, pakar, lembaga pendidikan tinggi, dan aktor kunci terkait di bidang pendidikan tinggi, riset, dan inovasi antara dua negara,” ujar Nurhasan.

JWG Indonesia-Prancis XIII ini mengusung tema “Fostering Indonesia-French Higher Education, Research, and Innovation Partnership for Advanced and Sustainable Future”. Pertemuan ini tidak hanya sebagai ajang berbagi praktik terbaik, tetapi juga sebagai platform untuk memperkuat kolaborasi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan tinggi dan riset.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 350 pakar, praktisi, dan pemangku kepentingan dari Indonesia dan Prancis. Delegasi dari sekitar 30 perguruan tinggi Prancis dan 48 perguruan tinggi Indonesia hadir untuk memperkuat koneksi dan berbagi pengalaman kerja sama.

Selama tiga hari, berbagai kegiatan diadakan, termasuk sesi pleno, pameran pendidikan, diskusi paralel tentang kemitraan dalam pendidikan tinggi dan riset, serta workshop tematik. Acara ini diakhiri dengan pertemuan bilateral dan sesi rapat tinggi yang membahas kemitraan pendidikan tinggi serta riset ilmiah.

Beberapa tamu penting yang hadir dalam JWG XIII 2024 ini antara lain Fabien Penone, Duta Besar Prancis untuk Indonesia; Ir. Suharti, M.A., Ph.D, Sekjen Kemendikbudristek RI; Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc., Dirjen Diktiristek; dan Manuel Bouard, Deputy Director for European and International Affairs, MESR.

Dengan kehadiran dan partisipasi aktif dalam acara ini, Untirta berharap dapat memperluas jaringan dan memperkuat kerja sama internasional di bidang pendidikan dan inovasi riset, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. (AAP)