FKIP Untirta dan Kesbangpol Banten Selenggarakan Seminar Pancasila : Dasar Negara yang Kokoh

Diposting pada

Serang, 24 Juni 2024 di Ruang Aula Karakter Jawara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten menyelenggarakan seminar bertajuk “Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Landasan yang Kokoh Secara Filosofis, Yuridis, Sosiologis, sebagai Kerangka dalam Kehidupan Bernegara”. Seminar ini merupakan bagian dari pelaksanaan Sub Kegiatan Perumusan Kebijakan Teknis di Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Karakter Bangsa, Pembauran Kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika, dan Sejarah Kebangsaan Tahun Anggaran 2024.
Kegiatan ini dibuka oleh Kabid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Dr. Fathurahman, S.Pd., M.Si, yang mewakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Banten dan dihadiri oleh Prof. Dr. Lili Romli, M.Si dari BRIN, Dr. Bangun Sitohang, MM dari Kemendagri RI, Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si, Dekan FKIP Untirta, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Ketua Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Tim teknis Kesbangpol Provinsi Banten, Para dosen dan mahasiswa di Lingkungan FKIP Untirta.
Dekan FKIP Untirta, Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kesbangpol Provinsi Banten yang telah memilih FKIP Untirta sebagai tempat berdiskusi tentang Pancasila. Beliau menegaskan komitmennya untuk menguatkan pemahaman dasar ideologi Pancasila bagi sivitas akademika FKIP Untirta sebagai dasar negara untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.
Acara yang dimoderatori oleh Aam Amirudin, S.Sos, MM ini menghadirkan tiga narasumber utama yang menyampaikan materi-materi penting:
1. Prof. Dr. Lili Romli, M.Si dari BRIN menyampaikan materi tentang “Pemahaman Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Pancasila bagi Generasi Milenial”.
2. Dr. Drs. Bangun Sitohang, MM dari Kemendagri RI membahas “Memperkokoh Nilai-nilai Pancasila dalam Wawasan Kebangsaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.
3. Dr. Fathurahman, S.Pd.I., M.Si, Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, berbicara tentang “Pengalaman dan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari”.
Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila di kalangan mahasiswa dan sivitas akademika FKIP Untirta, serta memperkuat karakter kebangsaan yang kokoh dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan adanya kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan menerapkannya.(FKIP)