Tribun Banten – Telkom Indonesia Adakan Digital Education Hub: Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Berkualitas

Diposting pada

Serang, – Tribun Banten bekerja sama dengan PT. Telkom Indonesia sukses menyelenggarakan acara Digital Education Hub dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran Berkualitas” di Ruang Auditorium Kampus Untirta Sindangsari pada hari Kamis (20/06). Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 500 guru SD dan SMP dari tiga Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten.
Acara ini turut dihadiri dan dibuka oleh Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi tinggi atas inisiatif yang diadakan oleh Tribun Banten dan PT. Telkom Indonesia. “Pemanfaatan digital sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Banten. Dengan perkembangan Artificial Intelligence, kita bisa mempersiapkan media pembelajaran yang lebih menarik dengan memanfaatkan sistem audio visual, bukan hanya teks,” ucapnya. Beliau juga mendorong para guru untuk terus memanfaatkan teknologi digital yang berkembang pesat dan menyampaikan komitmennya untuk melayani Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkualitas dan berintegritas dengan nilai-nilai JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel).
GM Telkom Witel Banten, R. Adam Widodo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Telkom sebagai BUMN bekerja sama dengan Tribun Banten untuk meningkatkan Digital Edukasi. “Ini menjadi catatan bagi kami bagaimana membantu stakeholder pendidikan, baik Universitas maupun Pemerintahan, untuk mengembangkan teknologi digitalisasi dalam proses pendidikan sehingga dapat membantu proses belajar mengajar,” ungkapnya. Beliau juga menekankan pentingnya penetrasi pendidikan kepada masyarakat sehingga diharapkan Pendidikan Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya. “Kami akan menyiapkan platform digital untuk membantu proses pendidikan agar guru dan siswa bisa berkomunikasi dengan berbagai metode sehingga muncul persepsi bahwa internet atau teknologi AI bisa dimanfaatkan secara positif,” tambahnya.
Pimpinan Redaksi Tribun Banten, Yulis Sulistyawan, menyampaikan bahwa acara ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Tribun setelah sebelumnya diadakan di Kota Malang. Beliau menargetkan kegiatan serupa bisa dilaksanakan di seluruh Indonesia. Menurutnya, era digitalisasi saat ini terjadi begitu cepat di luar prediksi, di mana sebelum pandemi Covid-19, digitalisasi diperkirakan akan mempengaruhi kehidupan sekitar 10 hingga 15 tahun lagi. Namun, pandemi mempercepat proses digitalisasi tersebut. “Di dunia pendidikan, kita dituntut untuk menggunakan teknologi digital sehingga proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan para siswa tidak gagap teknologi,” ujarnya.
Turut hadir pada sesi siang yakni Walikota Cilegon H. Helldy Agustian, S.E., S.H., M.H. Acara ini juga menghadirkan narasumber ahli seperti Kepala UPATIK Untirta Anis Fuad, M.Si, Digital Business Technology Division PT. Telkom Indonesia Mochamad Ramadhan, Education Psikologi Winy Nila W, M. Psi, dan B2B Sales PT. Telkom Indonesia Astiningsih Novitasari T., yang memberikan wawasan berharga mengenai pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan.
Selain penyampaian materi, acara juga diisi dengan sesi gimmick kuis dan hiburan tari Jaipong. Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan para guru dapat lebih memahami dan memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih berkualitas dan menarik, serta mampu membawa pendidikan Indonesia ke level yang lebih tinggi. (PPVA/AAP)