Peringati Hari Laut Sedunia, Mahasiswa Ikom Fisip Untirta Gelar ‘Beach Clean Up’

Diposting pada

Cilegon – Sejumlah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan kegiatan pembersihan pantai guna menyambut hari laut sedunia, pada Sabtu (8/6).

Kegiatan yang dinamakan “Beach Clean Up” ini dilaksanakan di Pantai Mabak Merak karena pantai ini bersebalahan dengan sungai yang mengalir dari luar pantai dan banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke sungai sehingga terus mengalir ke pantai dan mengotorinya.

Salah satu panitia acara, Nala, menyampaikan bahwa kegiatan ini terbentuk oleh 11 mahasiswa Ilmu Komunikasi yang dibimbing langsung oleh Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, S.Ip., M.Si. “Kami melaksanakan kegiatan ini bersama-sama dengan 11 mahasiswa Ilmu Komunikasi yang terbentuk dari kelompok mata kuliah Community Relations yang dibimbing oleh Ibu Nia (selaku dosen pengampu),” ujarnya.

Kegiatan ini juga turut mengundang Kepala Pusat Pengembangan Kampus Hijau yang Smart, Terintegrasi, dan Berkelanjutan LPMPP Untirta, Bapak Heri, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya laut bagu kehidupan manusia dan lingkungan.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini selaras dengan visi misi Untirta tentang HITS Green. “Untirta sebagai kampus yang mempunyai visi misi yang berkomitmen untuk menjaga lingkungan dengan visinya, yaitu terwujudnya Untirta sebagai Healthy, Integrated, Smart, adn Green (HITS Green) University yang Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing Global pada Tahun 2035, dan sudah tentu akan memanfaatkan momen peringatan ini untuk mengajak kita semua peduli terhadap lingkungan, baik darat, laut, hingga udara,” ucapnya.

Kegiatan berlangsung dengan mengajak para peserta untuk membersihkan sampah di Pantai Mabak Merak yang dilakukan dengan menyusuri garis pantai kemudian membersihkan setiap sampah yang berserakan.

Turut hadir berbagai elemen pemerintah dan masyarakat, mulai dari Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon, Basarnas Merak, Perwakilan Kecamatan Pulomerak dan Kelurahan Mekarsari, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Untirta, hingga siswa SMKN 4 Kota Cilegon.

Kegiatan ini diharapkan memberikan kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap kebersihan pantai dan kelestarian laut semakin meningkat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat terus berlanjut untuk dapat terus melestarikan laut. (AB/IHS/AAP)