Bangga! Mahasiswa Untirta Raih PPG Protective and Marine Coatings Academic Scholarship AMPP 2024

Diposting pada

SERANG – AMPP Academic Scholarship merupakan salah satu program dari Association for Materials Protection and Performance (AMPP) yang bertujuan untuk mendukung pengembangan akademik mahasiswa yang tertarik dalam industri korosi dan coating. Pada tahun 2024 ini, mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menjadi salah satu penerima dari Beasiswa tersebut. (16/03)

Januar Dwiyuwana Putra, merupakan mahasiswa prodi Teknik Metalurgi, Fakultas Teknik Untirta Angkatan 2021 menerima beasiswa tersebut untuk kategori PPG Protective and Marine Coatings Academic Scholarship.

Januar menjelaskan bahwa proses pendaftarannya dibuka sejak September hingga Januari dan pengumuman seleksinya diinformasikan pertengahan Februari. “Pendaftaran untuk program beasiswa ini dibuka setiap tahun mulai bulan September hingga awal januari tahun berikutnya, dengan pengumuman hasil seleksi dilakukan pada pertengahan Februari,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa terdapat beberapa persyaratan yang harus disiapkan mulai dari esai, transkip nilai, resume hingga rekomendasi dosen. Selain itu, beliau memberikan saran kepada mahasiswa yang ingin mendaftar selanjutnya agar dapat menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan jauh-jauh hari. “Saran dari saya, siapkan dokumen-dokumen tersebut jauh sebelum batas waktu pendaftaran untuk hasil yang optimal, khususnya untuk rekomendasi dari dosen,” ucapnya.

Salah satu manfaat mendapatkan beasiswa ini adalah bantuan keuangan untuk keperluan akademik yang nantinya akan disalurkan melalui institusi pendidikan yang bersangkutan. Dengan penuh syukur, Januar juga memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa yang sedang berjuang mencari beasiswa internasional agar jangan pernah menyerah meskipun mengalami banyak penolakan. “Bagi teman-teman yang sedang mencari beasiswa, jangan pernah menyerah meskipun mengalami penolakan. Saya sebelumnya pernah ditolak beasiswa, tapi saya tidak menyerah dan justru bisa mengevaluasi diri terkait apa yang menjadi kekurangan saya,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa mahasiswa harus terus aktif mencari informasi tentang beasiswa karena peluangnya banyak, namun keputusan akhir ada pada diri kita sendiri. Kuncinya adalah tidak berhenti dan terus mencoba. (AB/AAP)